Jiangxi Illustrated: Jembatan Seni Antara Masa Lalu dan Kini

Wang Ying Menghidupkan Warisan Budaya Melalui Ilustrasi

Menyelami Kekayaan Kultural Jiangxi

Ilustrasi Jiangxi yang dirancang oleh Wang Ying merupakan sebuah perjalanan visual yang menggabungkan unsur tradisi dan modernitas. Setiap goresan digitalnya tak hanya sekedar gambar, melainkan pintu menuju lanskap, cerita rakyat, dan tradisi yang berwarna-warni dari Jiangxi. Proyek ini mengajak kita untuk melihat kembali narasi-narasi kuno dengan perspektif baru, memberikan kehidupan dan kegairahan pada warisan budaya Jiangxi, serta membangkitkan rasa ingin tahu dan kegembiraan yang mendorong lebih banyak orang untuk terlibat dalam pelestarian budaya Jiangxi.

Keunikan dari karya Wang Ying terletak pada perpaduan antara konotasi budaya Jiangxi yang kaya dengan teknik ilustrasi modern, menciptakan ekspresi visual yang menarik dari budaya lokal Jiangxi. Inisiatif ini tidak hanya tentang memelihara masa lalu; ini tentang menghidupkannya kembali untuk masa kini dan masa depan. Ilustrasi-ilustrasi ini bertindak sebagai duta, menyalakan kembali cinta dan penghargaan terhadap warisan budaya Jiangxi sekaligus menginspirasi komitmen untuk pelestariannya.

Ilustrasi ini dibuat dengan menggunakan perangkat lunak Photoshop dan Procreate. Procreate bertanggung jawab dalam membuat sketsa dan gambar garis, sementara Photoshop digunakan untuk pewarnaan. Pemanfaatan penuh kedua program ini menghasilkan ilustrasi yang detail dan indah.

Spesifikasi teknis dari desain ini adalah 3600 x 3600 piksel, dengan resolusi 300dpi, dalam format RGB. Kata kunci yang diberikan oleh desainer terkait dengan desain ini meliputi Budaya Tiongkok, Jiangxi, Ilustrasi, Ilustrasi Komersial, Fusi Budaya, dan Keartisan Digital.

Interaksi desain ini dengan audiens adalah melalui ilustrasi modern yang membangkitkan apresiasi terhadap budaya Jiangxi dan menyalakan kesadaran dalam melindungi warisan budayanya. Proyek ini dimulai pada Desember 2022 di Jiangxi, Tiongkok, dan selesai pada Juni 2023 di Liaoning, Tiongkok. Karya ini dipamerkan pada pameran desain kelulusan sarjana dari Universitas Timur Laut di Tiongkok pada Juni 2023.

Riset yang mendasari proyek ini menyelidiki bagaimana teknik ilustrasi modern dapat meningkatkan apresiasi terhadap budaya lokal Jiangxi dan mengadvokasi pelestariannya. Dengan pendekatan multidisiplin, riset ini mengeksplorasi fusi antara budaya tradisional Jiangxi dengan praktik ilustrasi kontemporer, mengidentifikasi tema-tema yang resonan, dan mengeksaminasi potensi ilustrasi dalam mempromosikan budaya lokal.

Tantangan kreatif utama dalam proses desain ini adalah transformasi budaya. Ini melibatkan integrasi budaya lokal tradisional Jiangxi dengan teknologi ilustrasi modern untuk memastikan bahwa bentuk akhir memiliki estetika kontemporer dan resonansi budaya. Menjaga keseimbangan antara pelestarian budaya dan inovasi sangat penting, memerlukan pertimbangan tentang bagaimana mempertahankan esensi asli karya sambil menyuntikkannya dengan kesegaran dan keunikan.

Wang Ying mengajak kita dalam odisei artistik, mengeksplorasi kekayaan budaya Jiangxi melalui ilustrasi yang memikat. Tradisi digabungkan dengan modernitas, memberikan vitalitas baru pada cerita dan motif lama. Melalui kreasi yang menarik secara visual, tujuannya adalah untuk menyalakan kembali penghargaan terhadap warisan Jiangxi dan membangkitkan gairah untuk pelestariannya. Bergabunglah dalam perjalanan menawan ini saat potret yang hidup dari tapestri budaya Jiangxi terungkap.

Proyek ini telah dianugerahi Iron dalam A' Graphics, Illustration and Visual Communication Design Award pada tahun 2024. Iron A' Design Award diberikan kepada karya yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Penghargaan ini dihormati karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Wang Ying
Kredit Gambar: Image #1 : Illustration Wang Ying 2023. Image #2 : Illustration Wang Ying 2023. Image #3 : Illustration Wang Ying 2023. Image #4 : Illustration Wang Ying 2023. Image #5 : Illustration Wang Ying 2023.
Anggota Tim Proyek: Wang Ying
Nama Proyek: Jiangxi Illustrated
Klien Proyek: Northeastern University of China


Jiangxi Illustrated IMG #2
Jiangxi Illustrated IMG #3
Jiangxi Illustrated IMG #4
Jiangxi Illustrated IMG #5
Jiangxi Illustrated IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang