Debes Intervenir: Poster yang Mengajak untuk Bertindak

Poster Komik yang Membangun Kesadaran di Tempat Kerja

Poster kampanye "Debes Intervenir" adalah sebuah karya seni yang menggabungkan gaya komik dengan pesan yang kuat. Diciptakan oleh desainer terkenal Eduardo Walles, poster ini bertujuan untuk mengajak para pekerja di tempat kerja untuk bertindak dengan bijak dan memperhatikan keamanan mereka sendiri.

Kampanye "Debes Intervenir" merupakan hasil upaya untuk menjaga kesejahteraan seluruh staf, tanpa memandang jabatan di berbagai area kerja. Dalam kampanye ini, tim tApp mencoba merepresentasikan penggunaan alat dan fasilitas yang benar dan yang salah, dengan menekankan momen kunci ketika sesuatu hampir berjalan sangat salah. Gaya komik terbukti menjadi saluran yang tepat untuk menyampaikan pesan ini kepada para pekerja, dengan menciptakan ikatan yang ramah, damai, dan menyenangkan.

Poster "Debes Intervenir" menggunakan teknologi ilustrasi yang disediakan oleh Animate. Tim tApp memilih alat ini karena mereka membutuhkan goresan yang organik dan longgar, namun tetap tervektorisasi, sesuai dengan gaya grafis yang mereka cari. Untuk komposisi, penyesuaian, pewarnaan, masker, perakitan, dan output, mereka menggunakan Photoshop.

Fenomena komik selalu menjadi faktor yang mengundang pembacaan dan pemikiran terhadap pesan yang disampaikan dalam gaya visual ini. Ide untuk mengintegrasikan karakter grafis yang membimbing para pekerja di pabrik di bawah ilustrasi ternyata menjadi hubungan yang lebih langsung dan dapat dimengerti oleh penerima pesan.

Proyek "Debes Intervenir" dimulai pada September 2016 dan selesai pada November 2016 di CDMX. Untuk merealisasikan proyek ini, tim tApp melakukan penelitian mendalam tentang komik, penanganan senjata, bahasa teks, warna, dan desain karakter. Mereka juga menganalisis cara menyampaikan pesan secara langsung tanpa menghambat persuasi dan pembelajaran, serta menghubungkannya dengan bagian grafis untuk menyampaikan pesan secara efektif.

Tantangan utama dalam pembuatan poster ini adalah menemukan gaya komik yang tepat, desain karakter, serta berbagai kemungkinan yang ada. Proses seleksi dan penyempurnaan detail karakter memakan waktu yang lama, karena selalu ada hal baru yang bisa ditambahkan.

Kampanye "Debes Intervenir" berhasil mendapatkan pengakuan dan penghargaan. Pada tahun 2020, poster ini memenangkan Iron A' Design Award dalam kategori Desain Grafis, Ilustrasi, dan Komunikasi Visual. Penghargaan ini diberikan kepada karya-karya yang memiliki desain yang baik, praktis, dan inovatif, serta memenuhi persyaratan profesional dan industri. Poster "Debes Intervenir" dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: EDUARDO WALLES
Kredit Gambar: None, everything was created form scratch.
Anggota Tim Proyek: Creative Director: Rodrigo Romandia Art Director: Eduardo Walles
Nama Proyek: Debes Intervenir
Klien Proyek: EDUARDO WALLES


Debes Intervenir IMG #2
Debes Intervenir IMG #3
Debes Intervenir IMG #4
Debes Intervenir IMG #5
Debes Intervenir IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang