Toromac: Mesin Pemeras Jeruk Otomatis dengan Desain yang Inovatif

Menyajikan Pengalaman Minum Jus Jeruk yang Lebih Sehat dan Lezat

Inovasi dalam dunia desain terus berkembang, dan kali ini, Arbo Design memperkenalkan Toromac, mesin pemeras jeruk otomatis yang menghadirkan cara baru dalam menikmati jus jeruk segar. Didesain khusus untuk ekstraksi jus maksimal, Toromac cocok digunakan di restoran, kafe, dan supermarket, dengan desain premium yang memberikan pengalaman yang ramah, rasa yang lezat, serta kebersihan dan keamanan yang terjamin.

Toromac terinspirasi oleh kebutuhan penggunaan komersial seperti restoran, kafe, hotel, dan supermarket kecil yang membutuhkan produktivitas tinggi dengan cara yang sederhana, meningkatkan profitabilitas bisnis tanpa harus menginvestasikan tenaga kerja. Oleh karena itu, desainnya mencerminkan kekuatan dan ketahanan yang dikombinasikan dengan kemudahan penggunaan dalam operasi, pembongkaran, dan pembersihan. Mesin ini dilengkapi dengan panel yang mudah digunakan, termasuk penghitung buah, mode operasi kontinu atau batch, mode hemat energi, serta indikator penanda penuhnya tempat sampah.

Salah satu keunggulan utama Toromac adalah desain eksklusifnya yang memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk gaya hidup yang lebih sehat, dengan memberikan rasa dan kebersihan yang terjaga. Mesin ini memiliki sistem unik yang memotong buah secara vertikal dan kemudian memerasnya dengan tekanan putar. Hal ini berarti kinerja maksimal dapat dicapai tanpa harus memeras atau menyentuh kulit jeruk. Toromac merupakan mesin pemeras jeruk dengan rasio biaya dan manfaat terbaik di pasar Brasil, untuk memenuhi kebutuhan tempat usaha komersial yang memiliki permintaan produksi jus dalam waktu singkat.

Proses pembuatan Toromac menggunakan teknologi stamping logam dan injeksi plastik. Produk ini juga menerima proses pengecatan epoxy pada beberapa bagian. Bahan yang digunakan antara lain baja karbon, rol stainless steel 304, plastik ABS, nylon, bantalan berpelindung, dan LED.

Spesifikasi teknis Toromac adalah lebar 510mm x kedalaman 495mm x tinggi 780mm. Mesin ini memiliki interaksi yang mudah, di mana pengguna hanya perlu memasok jeruk ke wadah atas, menyalakan mesin dengan menekan tombol start, memilih mode operasi yang diinginkan (kontinu, gelas, atau botol), dan mesin akan secara otomatis memotong dan memeras jeruk. Jus jeruk segar dapat langsung dituangkan ke dalam gelas atau botol, atau dapat disimpan dalam wadah yang lebih besar. Mesin ini juga dilengkapi dengan tombol darurat untuk menghentikan proses kapan saja. Tempat sampah yang dapat dilepas memiliki kapasitas 7 liter dan dilengkapi dengan sensor yang menunjukkan waktu pembersihan.

Proyek Toromac dimulai pada bulan Juni 2019 dan selesai pada bulan Desember 2019. Seluruh proyek dan pengembangan dilakukan di Brasil. Penelitian mendalam dilakukan dalam proses pengembangan ini, termasuk pengumpulan data melalui proses yang melibatkan konsumen, desainer, dan tim multidisiplin (pemasaran, teknik, keberlanjutan, antropologi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membawa inovasi dan perbedaan dalam pasar ini di Brasil dan Amerika Latin. Metode yang digunakan adalah Consumer-Centric Insights dengan pendekatan desain untuk memecahkan masalah. Langkah-langkah dalam metode ini meliputi penelitian (pemetaan dan pemahaman), konseptualisasi (generasi alternatif), visualisasi (rendering), realisasi (prototipe), dan implementasi.

Tantangan dalam pengembangan Toromac adalah untuk memberikan inovasi dalam pasar ini dengan menawarkan pengalaman penggunaan dan konsumsi terbaik. Produk ini juga berhasil diekspor ke pasar Amerika Serikat. Toromac memberikan rasa asli dari jus jeruk segar yang dibuat langsung dengan penggunaan maksimal dari buah. Hasil dari kerja interdisipliner antara berbagai pihak yang terlibat (desain, teknik, pemasaran, pedagang, pengguna, dan konsumen). Sistem pemotongan vertikal memungkinkan profitabilitas maksimal dengan rasa asli tanpa harus menyentuh buah. Selain itu, berbagai sensor yang dimiliki (pengisian, penghitung, penggunaan, dan pembuangan) membuat produk ini menjadi yang paling aman di pasaran, dengan pemeliharaan minimal yang diperlukan.

Toromac adalah mesin pemeras jeruk yang dirancang khusus dengan tampilan yang kuat untuk membawa cara baru dalam mengonsumsi jus jeruk segar. Didesain untuk ekstraksi jus maksimal, mesin ini cocok digunakan di restoran, kafe, dan supermarket. Desain premiumnya memberikan pengalaman yang ramah, rasa yang lezat, serta kebersihan dan keamanan yang terjamin. Dengan sistem inovatif yang memotong buah secara vertikal dan memerasnya dengan tekanan putar, Toromac mampu memberikan kinerja maksimal tanpa harus memeras atau menyentuh kulit jeruk.

Toromac telah meraih penghargaan Silver dalam A' Hospitality, Restaurant and Catering Products Design Award pada tahun 2020. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, profesional, dan luar biasa, yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain-desain ini, yang dihargai karena karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang luar biasa, menampilkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan menghadirkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: ARBO design
Kredit Gambar: Main Image: ARBO design Image #1: ARBO design and Shutterstock Image #2: ARBO design and Shutterstock Image #3: ARBO design Image #4: ARBO design
Anggota Tim Proyek: Daniel Kroker (ARBO design) Valkiria Pedri Fialkowski (ARBO design)
Nama Proyek: Toromac
Klien Proyek: ARBO design


Toromac IMG #2
Toromac IMG #3
Toromac IMG #4
Toromac IMG #5
Toromac IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang