Oppo Enco M31: Wireless Headphone yang Ringan dan Berkualitas

Desain yang Mengutamakan Kenyamanan dan Kualitas Audio

Melalui wawancara pengguna yang mendalam, kami menemukan bahwa kenyamanan penggunaan, kemudahan penggunaan, dan pengalaman audio berkualitas tinggi adalah tiga elemen utama yang diharapkan pengguna dari headphone nirkabel dengan model neckband. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, tim desain kami berusaha untuk menciptakan headphone neckband yang ringan dan fleksibel sehingga nyaman digunakan sepanjang hari.

Oppo Enco M31 membedakan dirinya dari headphone neckband lainnya melalui bobotnya yang sangat ringan, hanya 22 gram, serta desain neckband yang ergonomis dan ramping. Headphone ini menawarkan pengalaman pengguna terbaik melalui neckband silikon cair dengan benang paduan titanium memori yang terintegrasi, yang memungkinkannya untuk ditekuk dan disimpan di saku saat bepergian.

Dengan teknologi pengkodean audio Ldac, Oppo Enco M31 memberikan pengalaman audio yang luar biasa dengan waktu pemutaran hingga 12 jam.

Neckband ini dilapisi silikon cair dengan benang paduan titanium memori yang dapat mempertahankan bentuknya meskipun ditekuk dan diputar. Bahan utama dari housing neckband, tombol, dan earbud terbuat dari komposit Polikarbonat - Akrilonitril Butadiena Stirena yang menjamin kekuatan dan ringan. Sebuah pelat Polikarbonat - polimetil metakrilat bertekstur ditempatkan di atas setiap earbud dengan magnet tersembunyi di dalamnya, yang memungkinkan mereka untuk saling menarik saat tidak digunakan. Ear tips silikon memastikan pas yang aman dan nyaman untuk telinga manusia.

Spesifikasi Oppo Enco M31 adalah sebagai berikut: earbud dengan lebar 17,3mm x tinggi 12,8mm x kedalaman 15mm (tidak termasuk ear tip), dan neckband dengan lebar 120mm x tinggi 140mm x kedalaman 11,2mm.

Oppo Enco M31 dilengkapi dengan kontrol daya magnetik pintar. Headphone ini secara otomatis terputus dari perangkat yang dipasangkan ketika kedua earbud dilepas dan ditarik bersama oleh magnet. Ketika pengguna menggunakannya kembali, koneksi akan segera dipulihkan. Hal ini menyederhanakan operasi pengguna dan menghemat daya saat bepergian. Semua kontrol lainnya dapat dengan mudah dijangkau di satu sisi neckband.

Proyek ini dimulai pada Oktober 2019 di Shenzhen, China dan akan dirilis pada 30 Maret 2020. Tim desain melakukan penelitian yang luas, termasuk wawancara pengguna, focus group, dan workshop, untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna yang paling penting untuk headphone neckband nirkabel. Kenyamanan penggunaan dan fleksibilitas adalah frase yang paling sering digunakan oleh responden wawancara, yang mengarah pada tugas desain yang terperinci, seperti menentukan volume dan berat produk yang tepat, mengembangkan bentuk neckband, dan lain-lain. Banyak ronde mockup dibangun untuk menguji desain ergonomis.

Tantangan utama dalam desain ini adalah mencari keseimbangan antara bentuk dan fungsionalitas, seperti menyeimbangkan volume yang ringan dan kapasitas baterai. Sementara itu, produk ini juga harus mencerminkan nilai desain Oppo Enco dan mengikuti identitas produk unik keluarga Oppo.

Oppo Enco M31 headphone nirkabel menawarkan bobot yang sangat ringan, hanya 22 gram, sambil memberikan suara berkualitas studio dengan teknologi pengkodean audio Ldac dan Hi-Res Wireless Audio yang tercertifikasi. Desainnya memberikan kesan elegan dengan bahasa desain yang terlihat canggih dan ramping. Neckband silikon cair dibangun secara ergonomis untuk menjamin kenyamanan penggunaan sepanjang hari, dan juga dapat dilipat dan disimpan di saku. Magnet terintegrasi mengumpulkan earbud untuk memberhentikan pemutaran musik, membuat operasi lebih sederhana dan menghemat daya saat bepergian.

Oppo Enco M31: Wireless Headphone yang Ringan dan Berkualitas

Sumber Gambar: Copyright © 2004-2020 OPPO.

Catatan Hak Kekayaan Intelektual: Hak cipta © 2004-2020 OPPO.

Penghargaan dan Pengakuan: Desain ini memenangkan penghargaan Golden di A' Design Award 2020 dalam kategori Desain Perangkat Digital dan Elektronik. Golden A' Design Award diberikan kepada kreasi yang luar biasa, menakjubkan, dan berwawasan masa depan yang mencerminkan kejeniusan dan kebijaksanaan desainer. Mereka adalah produk yang dihormati dan gagasan cemerlang yang memajukan seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, mencerminkan keunggulan luar biasa dan berdampak signifikan bagi dunia dengan karakteristik yang diinginkan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: OPPO Industrial Design Team
Kredit Gambar: Copyright © 2004-2020 OPPO.
Anggota Tim Proyek: Oppo Industrial Design Division
Nama Proyek: Oppo Enco M31
Klien Proyek: OPPO Industrial Design Team


Oppo Enco M31 IMG #2
Oppo Enco M31 IMG #3
Oppo Enco M31 IMG #4
Oppo Enco M31 IMG #5
Oppo Enco M31 IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang