Trolley Coaster: Instalasi Dinamis yang Membawa Keajaiban Supermarket

Menghadirkan Keunikan dan Kegembiraan di Taiwan Design Expo

Trolley Coaster adalah instalasi yang menggambarkan kebahagiaan dan antisipasi berbelanja di supermarket menjelang liburan. Dua jalur yang kadang saling bertumpuk dan kereta belanja meluncur di atasnya seperti roller coaster di taman hiburan. Pengunjung tidak hanya dapat melihat kereta belanja meluncur di atas jalur, tetapi juga mendengar suara kereta yang mengingatkan mereka pada suasana di supermarket, sehingga mengubah pameran desain menjadi Super South Supermarket yang ceria dan penuh semangat.

Trolley Coaster adalah hasil kerja sama antara pemerintah dan masyarakat. Jalur-jalurnya dirancang dan diproduksi oleh teknisi kereta panggung boneka tangan. Pemerintah Kabupaten Pingtung dan Taiwan Design Center bekerja sama dengan perusahaan swasta untuk meminjamkan kereta belanja, sehingga mengurangi biaya dan potensi pemborosan sumber daya. Semua kereta belanja yang menjadi bagian dari Trolley Coaster akan dikembalikan dengan aman ke Carrefour setelah pameran berakhir untuk terus melayani masyarakat.

Untuk mengurangi pemborosan dan limbah, kami memilih bahan yang dapat didaur ulang dan digunakan kembali dalam jumlah besar. Karena pameran hanya berlangsung selama dua minggu, kami telah merencanakan penggunaan kembali semua komponen sejak awal perencanaan. Kami telah menemukan tempat yang tepat untuk kereta belanja, perancah, motor, jalur, roda, dan kanvas.

Kereta belanja dipinjam dari perusahaan swasta, Carrefour. Semua kereta belanja yang menjadi bagian dari Trolley Coaster akan dikembalikan dengan aman ke Carrefour setelah pameran berakhir untuk terus melayani masyarakat. Jalur-jalurnya dirancang dan diproduksi oleh teknisi kereta panggung boneka tangan. Motor kereta belanja, roda, dan jalur akan digunakan kembali untuk kereta panggung boneka. Hal ini dapat mengurangi biaya dan potensi pemborosan sumber daya.

Trolley Coaster mengelilingi seluruh area pameran dengan menggunakan dua jalur yang melintasi, menghubungkan semua pameran tema. Dengan luas area utama sebesar 6600 m2, penggunaan dua jalur ini memberikan kesan yang lebih penuh meskipun terdapat enam pameran tema di area tersebut.

Trolley Coaster bukan hanya memecahkan masalah penggunaan ruang, tetapi juga memperkuat konsep pameran, meningkatkan topikalitas pameran, dan meningkatkan efek publisitas. Dengan mengingatkan pengunjung pada pengalaman berbelanja di supermarket secara visual dan akustik, instalasi dinamis ini menciptakan kehangatan lokal di Pingtung dan menjadikan pameran desain lebih dekat dengan masyarakat.

Trolley Coaster seperti roller coaster di taman hiburan yang menarik perhatian pengunjung. Di pintu masuk, instalasi ini menjadi pusat perhatian visual dan menjadi tempat yang penting untuk berfoto. Ketika pengunjung memasuki pameran, roller coaster ini menjadi serangkaian tautan yang menghubungkan latar belakang setiap area pameran. Jalur yang terangkat secara tidak terlihat membagi dan mengarahkan pengunjung ke seluruh area pameran.

Trolley Coaster telah menjadi daya tarik utama di Taiwan Design Expo'19. Dengan total 4,25 juta pengunjung, pameran ini mencetak rekor jumlah pengunjung Taiwan Design Expo.

Trolley Coaster, karya desainer Chih-Kang Chu, telah meraih Penghargaan Perunggu dalam A' Design Award 2021 kategori A' Performing Arts, Stage, Style and Scenery Design. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif dan inovatif, menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi. Trolley Coaster menunjukkan keahlian teknis dan kreatif yang kuat serta memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup, menjadikan dunia ini menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Chih-Kang Chu
Kredit Gambar: Photographer Kuo-Min Lee, Trolley Coaster, 2019
Anggota Tim Proyek: Design Director: Chih-Kang Chu Designer: Meng-Hung Tsai Executive Designer: Shin Yu Design Consultant: Yao-Chou Yu
Nama Proyek: Trolley Coaster
Klien Proyek: Chih-Kang Chu


Trolley Coaster IMG #2
Trolley Coaster IMG #3
Trolley Coaster IMG #4
Trolley Coaster IMG #5
Trolley Coaster IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang