Tianjin Zarsion: Pusat Pameran dengan Desain Inovatif

Desain yang Membawa Pengalaman Baru dan Dinamis

Pendahuluan

Tianjin Zarsion adalah sebuah proyek arsitektur yang menakjubkan yang terletak di tepi anak sungai Yongding yang berkelok-kelok. Dalam luasnya padang rumput ini, ruang luar tidak jelas terdefinisi.

Desain dimulai dengan atap, di mana para arsitek awalnya mencoba menggunakan bahasa arsitektur simbolis untuk menjalin hubungan dengan lingkungan sejarah. Seperti tetesan air yang jernih, bangunan ini tampak larut ke dalam aliran sungai yang berkelok-kelok tanpa akhir. Namun, seiring perkembangan narasi, makna yang bermakna majemuk muncul.

Isi

Desain Tianjin Zarsion memiliki keunikan yang membedakannya dari desain lainnya. Para arsitek awalnya mencoba menggunakan bahasa arsitektur simbolis untuk menjalin hubungan dengan lingkungan sejarah. Dalam hal tata letak, bentuk tetesan air ditempatkan secara diagonal di dalam situs, yang tidak hanya memanjangkan garis pergerakan dari antarmuka kota ke pintu masuk, tetapi juga membuat bentuknya lebih intuitif. Atap yang menjulang dan penggunaan kaca berukuran besar menciptakan atap mengambang tanpa arah, yang menampilkan ketenangan yang menawan dengan bayangan pohon yang bergoyang-goyang.

Proyek ini menggunakan struktur kayu sebagai dominan dan ditunjang oleh struktur baja. Konsep tiga cincin diadopsi dalam struktur atap untuk mengubah gaya desain menjadi bentuk yang lebih menarik secara visual. Atap menggunakan cahaya alami dan balok kolom untuk mengubah gaya desain menjadi bentuk yang lebih menarik secara visual. Bagian atap terbuat dari struktur baja dan bagian lainnya terbuat dari struktur kayu untuk mencapai efek radiasi yang sempurna.

Spesifikasi desain ini meliputi 8 tiang kayu di dalam ruangan dan 3 tiang kayu diagonal di bagian depan yang membuat struktur mencapai ruang bebas kolom dalam ruangan seluas 34,0mx14,5m dan cantilever luar sepanjang 3,7m. Penggunaan pelat aluminium-magnesium berwarna abu-abu, kaca tempered ultra-putih, langit-langit gantung kayu cemara berfasad kecil, dan garis luar berbentuk daun menciptakan ekspresi yang jujur terhadap tegangan mikroskopis.

Desain Tianjin Zarsion juga menawarkan interaksi yang menarik. Bangunan ini tidak memiliki pintu masuk utama yang jelas. Tiga tiang kayu diagonal yang terlihat digunakan untuk mendefinisikan ruang pintu masuk di bagian depan. Untuk masuk ke ruang pameran dari depan, pengunjung akan masuk ke ruang transisi yang lebih rendah di bawah atap, dan kemudian secara bertahap bergerak ke ruang di bawah atap yang berbentuk daun, yang dilapisi dengan cahaya. Cahaya langsung yang berlebihan diatur dengan sengaja melalui ukuran atap kaca, sehingga menciptakan suasana ruang yang lembut dan tenang di dalamnya.

Kesimpulan

Tianjin Zarsion adalah sebuah proyek arsitektur yang menggabungkan keunikan dan inovasi. Dengan desain yang mengesankan dan interaksi yang menarik, bangunan ini menciptakan pengalaman baru dan dinamis bagi pengunjungnya. Dengan menggunakan bahasa arsitektur simbolis, atap yang mengambang, dan penggunaan material yang cerdas, proyek ini menunjukkan keahlian dan kecemerlangan dalam bidang arsitektur. Tianjin Zarsion adalah contoh nyata dari bagaimana desain dapat menciptakan ruang yang indah dan menginspirasi.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: UDIA Design
Kredit Gambar: Photo Credits: Hu Yijie
Anggota Tim Proyek: RUF Architects Lead Architect:Qian Mingbo Design Team:Song Xinhua,Wu Meihong, Rao Zeming, Ji Changshuai
Nama Proyek: Tianjin Zarsion
Klien Proyek: UDIA Design


Tianjin Zarsion IMG #2
Tianjin Zarsion IMG #3
Tianjin Zarsion IMG #4
Tianjin Zarsion IMG #5
Tianjin Zarsion IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang