Katalog Incunabula: Karya Seni yang Menggabungkan Gaya Renaissance dan Tipografi

Karya Desainer Aleksandra Toborowicz

Sebuah katalog yang menggabungkan seni cetak abad ke-15 dengan tipografi Renaissance

Katalog dua volume "Katalog Incunabula di Perpustakaan Nasional Polandia" mempersembahkan koleksi cetakan abad ke-15 yang diadakan oleh BNP. Ide proyek ini mengacu pada gaya cetak dan tipografi Renaissance pertama - baik dalam pemilihan bahan: sampul elegan yang dibuat secara manual, dengan merujuk pada tipografi, huruf inisial besar yang menjadi leitmotif proyek ini, serta teknik cetak tipografi dua warna pada judul sampul.

Desain ini memiliki beberapa fitur unik yang membedakannya dari yang lain. Penggunaan huruf inisial besar yang mencolok dan teknik cetak tipografi dua warna pada sampul memberikan kesan yang kuat dan mengesankan. Proyek ini juga menggunakan teknik debossing blind yang halus pada grid Renaissance, menambahkan keanggunan dan memperkuat referensi sejarah. Font Adobe Jenson Pro yang digunakan dalam publikasi ini juga mengacu pada jenis huruf teks pertama yang dipotong di Venesia oleh Nicolas Jenson sekitar tahun 1470.

Warna merah burgundy pada elemen-elemen yang mengatur publikasi, huruf inisial yang terdeboss pada sampul dan insert utama, serta penekanan pada bagian-bagian penting, catatan kaki, dan referensi catatan kaki, memberikan kontras yang kuat dengan warna hitam pada isi teks. Kertas yang digunakan untuk produksi sampul - Arches White 400 g/m2 - adalah produk berkualitas tinggi yang terbuat dari 100% kapas. Berkat metode produksi tradisional, kertas ini memiliki tekstur kasar dan harmonis, mirip dengan kertas buatan tangan. Tata letak tipografi juga mengacu pada solusi historis dari zaman incunabula.

Katalog ini memiliki banyak halaman dan dibuat dengan teknik jahit-lem otabind, yang memungkinkan buku ini mudah dibuka dan lebih mudah dibaca. Dalam hal spesifikasi teknis, katalog ini memiliki format 168 x 240 mm dengan total 1080 halaman (volume 1: 704 halaman, volume 2: 392 halaman). Proses pencetakan dilakukan oleh Marceli Sp. z o.o., Warszawa, dengan sirkulasi sebanyak 250 eksemplar.

Katalog Incunabula di Perpustakaan Nasional Polandia melanjutkan tradisi penelitian terhadap contoh cetakan tertua yang masih ada, yang dimulai oleh Kazimierz Piekarski sebelum Perang Dunia II. Katalog ini disusun oleh Michał Spandowski bekerja sama dengan Slawomir Szyller, dengan deskripsi tentang penjilidan oleh Maria Brynda. Katalog ini juga menambah pengetahuan bibliografi kita tentang pencetakan abad ke-15 dengan mempersembahkan beberapa item unik yang belum dicakup dalam literatur yang ada. Katalog ini juga berisi deskripsi khusus tentang naskah-naskah abad pertengahan yang diikat bersama dengan incunabula, serta beberapa post-incunabula yang dipilih.

Volume kedua dari katalog ini dilengkapi dengan beberapa alat penelitian yang memudahkan penggunaan lebih dari 1.000 deskripsi individu yang terdapat dalam volume pertama. Selain itu, terdapat indeks provenans yang memberikan informasi lengkap tentang pemilik sebelumnya dari incunabula, dengan pemilik individu terdaftar secara terpisah dari institusi seperti perpustakaan, biara, dan gereja.

Katalog Incunabula di Perpustakaan Nasional Polandia ini telah meraih penghargaan Silver dalam A' Print and Published Media Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, luar biasa, dan profesional yang menggambarkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini sangat dihargai karena karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang luar biasa, serta mampu menghadirkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Aleksandra Toborowicz
Kredit Gambar: Aleksandra Toborowicz
Anggota Tim Proyek: Design: Aleksandra Toborowicz Typesetting: Katarzyna Niewczas Project manager: Monika Michowicz
Nama Proyek: Catalogue of Incunabula
Klien Proyek: Aleksandra Toborowicz


Catalogue of Incunabula IMG #2
Catalogue of Incunabula IMG #3
Catalogue of Incunabula IMG #4
Catalogue of Incunabula IMG #5
Catalogue of Incunabula IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang