Mondrian: Lampu Gantung Berinspirasi Seni dan Warna

Lampu Gantung Bernuansa Modern dengan Sentuhan Seni

Lampu gantung Mondrian, yang dirancang oleh Monica Pinto de Almeida, menggabungkan konsep modernitas dengan estetika khusus abad ke-20. Terinspirasi oleh seniman Mondrian dan gerakan Neo-plastisisme, lampu ini menghadirkan elemen-elemen bersih, reduksi bentuk, dan garis-garis murni.

Lampu gantung Mondrian memiliki bentuk persegi panjang dalam sumbu horizontal yang terdiri dari beberapa lapisan akrilik berwarna. Lampu ini digantung dengan menggunakan kabel baja yang dapat disesuaikan tingginya. Keunikan lampu ini terletak pada empat sisi berbeda yang memanfaatkan interaksi dan harmoni yang dihasilkan oleh enam warna yang digunakan dalam komposisi ini. Pada komposisi tersebut, bentuknya terputus oleh garis putih vertikal dan lapisan kuning. Cahaya tersebar ke atas dan ke bawah, dengan kontrol LED yang dapat diatur intensitasnya menggunakan remote wireless.

Dalam proses kreatif dan produksi, Monica Pinto de Almeida mulai dengan sketsa tangan untuk memahami lebih baik karya tersebut. Setelah itu, proses 3D dimulai bersamaan dengan studi semua aspek teknis terkait fitur pencahayaan dan bahan. Bersama dengan produsen, ia mulai membangun prototipe pertama. Lampu ini terbuat dari akrilik berbagai warna, dengan kabel baja tahan karat untuk penggantungannya. Lampu Mondrian memiliki pencahayaan ke atas dan ke bawah yang menciptakan pencahayaan yang merata dan tidak mengganggu.

Spesifikasi teknis lampu ini mencakup akrilik dengan warna-warna seperti oranye, hitam, putih, kuning, hijau, dan merah muda tua. Kabel baja penggantung dapat disesuaikan tingginya. Sumber cahaya yang digunakan adalah LED dengan kemampuan pengaturan intensitas menggunakan remote wireless. Lampu ini memiliki daya 230V, 75W, suhu warna 2700K, IP20, dan CRI> 80. Pencahayaan ke bawah mencapai 4000 lm, sedangkan pencahayaan ke atas mencapai 1300 lm, dengan total fluks sebesar 5300 lm.

Lampu gantung Mondrian dapat dengan mudah disesuaikan tingginya melalui kabel baja yang dapat disesuaikan, sesuai dengan kebutuhan pengguna dan ruang yang dipilih untuk pemasangannya. Lampu ini juga dilengkapi dengan remote wireless untuk mengatur intensitas cahaya yang diinginkan. Lampu ini memberikan elemen warna yang mencolok dan aliran dinamis dengan empat tampilan dan warna yang berbeda.

Proyek ini dimulai pada Februari 2019 dengan penelitian dan inspirasi. Dilanjutkan dengan desain, sketsa, dan pembuatan prototipe pertama. Penyesuaian dan produksi lampu pertama selesai pada Desember 2019. Monica Pinto de Almeida terinspirasi oleh pengaruh warna terhadap manusia, penggunaan warna dalam budaya yang berbeda, dan bagaimana gerakan seni terbentuk dan direpresentasikan melalui warna. Gerakan seni Neo-plastisisme dan seniman Mondrian menjadi inspirasi utama dalam proyek ini.

Lampu gantung Mondrian telah meraih penghargaan Silver dalam A' Lighting Products and Fixtures Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, mengesankan, dan menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Lampu ini memperlihatkan karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang menakjubkan, serta menghadirkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.

Dengan lampu gantung Mondrian, Anda dapat menghadirkan sentuhan seni dan warna yang unik dalam ruang Anda. Lampu ini tidak hanya berfungsi sebagai sumber cahaya, tetapi juga sebagai karya seni yang memancarkan emosi melalui warna, volume, dan bentuknya.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Mónica Pinto de Almeida
Kredit Gambar: Image #1: Photographer Ricardo Vieira, 2019. Image #2: Photographer Ricardo Vieira, 2019. Image #3: Photographer Ricardo Vieira, 2019. Image #4: Photographer Ricardo Vieira, 2019. Image #5: Photographer Ricardo Vieira, 2019. Video credits: Art direction and Editing: Mónica Pinto, 2021
Anggota Tim Proyek: Mónica Pinto de Almeida
Nama Proyek: Mondrian
Klien Proyek: Mónica Pinto de Almeida


Mondrian IMG #2
Mondrian IMG #3
Mondrian IMG #4
Mondrian IMG #5
Mondrian IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang