Kyanyuan: Klub Rumah di Atas Gedung Bisnis Tua

Desain Klub Rumah Wei Zhang Menggabungkan Tradisi dan Modernitas

Terinspirasi oleh puisi Du Fu, Wei Zhang menciptakan sebuah klub rumah yang menawarkan pengalaman menenangkan dan harmonis di tengah kota Hangzhou yang ramai.

Wei Zhang, seorang desainer berbakat, telah menciptakan sebuah klub rumah yang unik bernama Kyanyuan. Terletak di lantai atas sebuah gedung bisnis tua di dekat Danau Barat, Kyanyuan menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari Danau Barat, Pagoda Baochu, dan seluruh Jalan Wulin. Dengan menggabungkan berbagai elemen ekologi alam ke dalam ruangannya, Zhang berusaha mendefinisikan ulang ruang rekreasi kontemporer yang tenang dan halus.

Desain Kyanyuan terinspirasi oleh puisi "Untuk Tamu" karya Du Fu, seorang penyair terkenal dari China. Puisi tersebut menggambarkan pemandangan indah dan terpencil dari kediaman penyair, serta kegembiraan dan keramahan penyair ketika ada tamu yang datang. Dengan gaya yang sederhana dan cerah, Zhang berhasil menciptakan suasana yang tenang dan rendah hati, sesuai dengan yang diinginkan oleh pemiliknya.

Klub rumah ini didekorasi dengan kayu solid, ubin, batu kerikil, semen self-leveling, dan area putih yang luas untuk menciptakan suasana yang etereal, mirip dengan lukisan China yang elegan. Zhang menggabungkan elemen tradisional dan modern, kasar dan halus, dengan detail yang kaya yang merangsang imajinasi dan persepsi pengunjung. Hiasan yang tepat mewakili rasa Zen dan penuh dengan pesona oriental.

Proyek ini dimulai pada Maret 2018 dan selesai pada Januari 2020. Dengan total area 1.600 meter persegi, Kyanyuan menawarkan berbagai area seperti area makan, ruang teh, area kamar tamu, dan area kantor. Setiap area independen satu sama lain namun juga memberikan rasa kohesi. Halaman dalam dan luar juga saling melengkapi dengan keindahan pemandangan yang menawan.

Zhang menghadapi berbagai tantangan selama proses desain. Salah satunya adalah mengeksplorasi ekspresi figuratif waktu dalam ruang dan menggunakan teknik "meminjam pemandangan" untuk mengaburkan batas antara interior dan eksterior. Dari segi teknis, renovasi gedung sangat menuntut kapasitas penyangga. Pada tahap awal, seluruh lantai diperkuat dengan pelat baja agar tidak mempengaruhi penggunaan lantai lain. Untuk menciptakan klub rumah taman, penanaman tanah atas yang dangkal juga diuji coba, memungkinkan penutupan penghijauan dapat diselesaikan.

Untuk prestasinya, Kyanyuan dianugerahi Silver dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, luar biasa, dan menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain-desain ini dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Wei Zhang
Kredit Gambar: Wei Zhang
Anggota Tim Proyek: Zhang Wei
Nama Proyek: Kyanyuan
Klien Proyek: Wei Zhang


Kyanyuan IMG #2
Kyanyuan IMG #3
Kyanyuan IMG #4
Kyanyuan IMG #5
Kyanyuan IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang