Shuibei International Center: Menara Kantor Berinspirasi Bambu

Desain yang Unik dan Inovatif oleh Aedas

Pendahuluan

Shuibei International Center adalah sebuah kompleks menara kantor yang terletak di posisi tampilan gambar di taman industri. Didesain oleh Aedas, menara ini menggabungkan keindahan dan keunikan bentuk bambu dengan metode segmen untuk menyatukan fungsi keseluruhan. Dengan tinggi 197,5 meter, menara ini memiliki podium mal yang menghubungkan berbagai area dan menyediakan ruang pameran dan multifungsi.

Desain menara ini terinspirasi dari bentuk "bambu" yang merupakan totem dari budaya tradisional Tiongkok, yang melambangkan karakter yang mulia. Bentuk "satu" dari podium, bentuk "dua bagian" dari menara, dan bagian "tiga" bambu dari menara melambangkan "satu dalam hidup, dua dalam tiga, tiga dalam semua" dari Taoisme, membentuk struktur tiga tingkat menara yang melambangkan surga, bumi, dan manusia.

Isi

Salah satu keunikan dari Shuibei International Center adalah adanya beberapa taman langit yang tersebar di sepanjang podium dan menara. Taman langit ini menciptakan ruang yang dapat dihuni dan berfungsi ganda sebagai area pameran. Selain itu, tangga berlandaskan lanskap menciptakan ruang pameran untuk acara budaya di podium, sehingga memudarkan batas antara interior dan eksterior.

Menara ini juga menggunakan teknologi realisasi yang canggih. Dinding tirai menara menggunakan jendela kaca tipe unit, sedangkan dinding tirai logam podium menggunakan dinding tirai berlubang, yang mengoptimalkan permukaan datar dan menghemat biaya.

Shuibei International Center memiliki spesifikasi teknis yang mengesankan. Dengan total luas 105.000 meter persegi, menara ini memiliki 43 lantai di atas tanah dan 4 lantai di bawah tanah. Tinggi menara mencapai 197,5 meter dengan luas lantai rata-rata 1.680 meter persegi. Tinggi lantai kantor adalah 4,5 meter dengan jarak bebas 3 meter.

Kesimpulan

Shuibei International Center merupakan desain menara kantor yang unik dan inovatif. Dengan inspirasi dari bambu dan penggunaan metode segmen, menara ini menciptakan ruang yang dapat dihuni dan berfungsi ganda, serta area pameran yang menghubungkan interior dan eksterior. Dengan keunikan dan keindahannya, Shuibei International Center telah memenangkan Penghargaan Emas dalam A' Design Award 2021, mengakui keunggulan dan kecemerlangan desainnya yang luar biasa.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Aedas
Kredit Gambar: Image #1: CreatAR, architectural photography, 2020. Image #2: CreatAR, architectural photography, 2020. Image #3: CreatAR, architectural photography, 2020. Image #4: CreatAR, architectural photography, 2020. Image #5: CreatAR, architectural photography, 2020.
Anggota Tim Proyek: Dr Andy Wen, Liu Yan
Nama Proyek: Shuibei International Center
Klien Proyek: Aedas


Shuibei International Center IMG #2
Shuibei International Center IMG #3
Shuibei International Center IMG #4
Shuibei International Center IMG #5
Shuibei International Center IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang