Rikchari: Merek Kopi Peru yang Bertanggung Jawab Sosial dengan Desain Kemasan Unik

Planetario Menghadirkan Desain Kemasan Kopi yang Menggabungkan Budaya Inka dan Keberlanjutan

Desain kemasan kopi Rikchari oleh Planetario mencerminkan nilai-nilai merek: kesadaran, kualitas, kemanusiaan, dan komitmen. Dengan inspirasi dari budaya Inka, desain ini berhasil meraih Iron A' Packaging Design Award 2021.

Planetario, sebuah tim desain yang berbasis di Peru, telah menciptakan desain kemasan kopi yang unik untuk Rikchari, sebuah merek kopi yang bertanggung jawab secara sosial dan berkomitmen pada keberlanjutan. Nama Rikchari berarti 'bangun' dalam bahasa Quechua, dan tim Planetario telah bekerja dengan huruf C untuk menciptakan siluet yang menyerupai biji kopi dan mata. Desain kemasan mengikuti ide desain logo, yang memiliki konstruksi tipografi yang menyerupai bentuk geometris yang dibuat di Kekaisaran Inka di Peru, dikenal sebagai Tocapu.

Rikchari adalah merek kopi yang tumbuh di Chirinos, di provinsi San Ignacio, di utara Peru, pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, ketinggian yang sempurna untuk kopi Arabika. Merek ini berkomitmen untuk menjaga kualitas dan esensi kopi saat mencapai konsumen akhir. Desain kemasan baru mencerminkan nilai-nilai ini: kesadaran, kualitas, kemanusiaan, dan komitmen.

Desain ini dibuat secara digital dengan program Adobe dan juga dilakukan uji coba fisik untuk memeriksa detail. Spesifikasi teknis desain mencakup dimensi 160 mm x 240 mm dan berat 250 gram. Desain ini dianugerahi Iron A' Packaging Design Award 2021, sebuah penghargaan yang diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri.

Proyek ini dimulai pada akhir 2019 di Lima, Peru dan selesai pada Juni 2020. Cetak produk dimulai pada September 2020. Dalam penelitian yang mendasari desain ini, Planetario mencari untuk menceritakan kepada dunia bahwa Peru memiliki salah satu area terbaik untuk menanam kopi. Rikchari tumbuh di sebuah peternakan di Cajamarca, yang mulai memproduksi kopi lebih dari 50 tahun yang lalu, mengikuti jejak tradisi kopi ekspor.

Rikchari adalah merek dengan tujuan, diciptakan oleh dua wanita yang peduli tentang membuat kopi berkualitas tinggi untuk pelanggan mereka, berusaha memberi nilai pada kopi dari Peru dan Cajamarca di seluruh negeri, serta meninggalkan Peru di atas. Merek ini berkompetisi sebagai produk organik yang penuh gairah, dedikasi, dan dengan tujuan sosial, sehingga perlu untuk menyajikan ini dalam desain kemasan.

Desain kemasan Rikchari oleh Planetario adalah contoh bagaimana desain dapat digunakan untuk mencerminkan nilai-nilai sebuah merek dan menciptakan produk yang berbeda dari yang lain. Dengan menggabungkan elemen budaya Inka dan komitmen terhadap keberlanjutan, Planetario telah menciptakan desain kemasan yang unik dan berarti.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Planetario
Kredit Gambar: Planetario
Anggota Tim Proyek: Creative Director: Pedro Alayza Maccera Account Director: Eddy Alarcón Herrera Account Coordinator: Sandra Benavente Velando Art Director: Kevin Huarac Romero Graphic Designer: Renato Romero Saenz
Nama Proyek: Rikchari
Klien Proyek: Planetario


Rikchari IMG #2
Rikchari IMG #3
Rikchari IMG #4
Rikchari IMG #5
Rikchari IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang