Kabootar Khaneh: Menyatukan Manusia dan Burung dalam Arsitektur Biophilic

Desain Villa Unik yang Menggabungkan Konsep Tradisional dan Modern oleh Nima Keivani

Keivani Architects menciptakan sebuah rumah yang memadukan manusia dan burung dalam satu ruang hidup, mengambil inspirasi dari dovecotes sejarah Iran dan arsitektur tradisional.

Proyek Kabootar Khaneh, yang berarti "Rumah Merpati" dalam bahasa Farsi, adalah sebuah villa yang dirancang oleh Nima Keivani dari Keivani Architects. Konsep dasar desain ini adalah menciptakan ruang untuk koeksistensi antara manusia dan burung. Setelah mengunjungi lokasi proyek, tim arsitektur memperhatikan keberadaan burung yang melimpah di sana. Mereka memutuskan untuk merancang sebuah rumah di mana orang bisa hidup berdampingan dengan burung-burung tersebut.

Inspirasi utama berasal dari dovecotes sejarah Iran, yang merupakan bagian dari ruang interior yang berfungsi sebagai patio karena penggunaan material kaca dan transparansi di sekitarnya. Ruang interior dibentuk di sekitar patio ini. Tim juga terinspirasi dari bagian, ruang kosong, dan tangga arsitektur tradisional.

Yang membedakan bangunan ini adalah pandangan baru terhadap arsitektur biophilic. Arsitek selalu memperhatikan penggunaan tanaman, cahaya, dan air. Namun, rumah ini menjadi tempat untuk interaksi yang lebih banyak; burung. Ini adalah rumah untuk manusia dan burung. Dalam hal ini, bagian dari ruang interior diperuntukkan untuk tujuan ini.

Semua kayu yang digunakan dalam pembangunan bangunan, seperti fasad dan atap miring, dibuat dari kayu tua yang didaur ulang dari bangunan lama di tempat tersebut. Batu-batu yang digunakan dalam pengaturan lansekap adalah batu sedimen di desa yang dikumpulkan dan digunakan di lokasi. Sebuah bentuk atap miring digunakan dalam bangunan ini yang belum pernah digunakan sebelumnya. Atap miring ini tersembunyi di balik dinding untuk menjaga bentuk kubik dan minimalis bangunan. Air hujan dikumpulkan di permukaan atap oleh pipa drainase dan utilitas, dan digunakan untuk irigasi tanaman di lokasi.

Proyek ini dirancang pada Agustus 2017 di Shirgah Mazandaran IRAN dan pembangunannya selesai pada September 2018 di Tehran. Penelitian yang mendalam dilakukan pada arsitektur rumah asli daerah tersebut, seperti sirkulasi udara, bagaimana cara menghadapi masalah iklim, diagram pengaturan ruang, koneksi vertikal dan horizontal seperti tangga, koridor, layar.

Desain ini memenangkan Bronze dalam A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2021. Bronze A' Design Award diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengesahkan pengalaman dan kelihaian. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Nima Keivani
Kredit Gambar: Image #1: Photographer Deed studio, facade, 2019. Image #2: Photographer Deed studio, facade, 2019. Image #3: Photographer Deed studio, Interior space, 2019. Image #4: Photographer Deed studio, Interior space, 2019. Image #5: Photographer Deed studio, Interior space, 2019.
Anggota Tim Proyek: Principal Architects: Nima Keivani & Sina Keivani Graphic: Sahar Najafi & mahsa Kiani & Azin Hadizadeh client: Masoud Adnani construction manager: Masoud Adnani Project Manager: Nima Keivani & Sina Keivani BIM Manager: Sina Keivani
Nama Proyek: Kabootar Khaneh
Klien Proyek: Nima Keivani


Kabootar Khaneh IMG #2
Kabootar Khaneh IMG #3
Kabootar Khaneh IMG #4
Kabootar Khaneh IMG #5
Kabootar Khaneh IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang