Kintsukuroi: Wallpaper yang Menggabungkan Seni dan Resiliensi

Elisa Tonelli Menghadirkan Desain Unik yang Menggabungkan Tradisi Porcelain Asia dan Seni Jepang Kintsukuroi

Desain yang terinspirasi dari tradisi porcelain putih dan biru Asia dan seni Kintsukuroi Jepang, Kintsukuroi oleh Elisa Tonelli adalah wallpaper yang menggabungkan estetika dan filosofi dalam satu karya.

Desain Kintsukuroi dimulai dari ketertarikan mendalam Elisa Tonelli terhadap porcelain dan tradisi keramik dunia. Tradisi porcelain putih dan biru Asia adalah salah satu yang paling menarik. Dengan menggabungkannya dengan tradisi Jepang Kintsukuroi, yaitu memperbaiki keramik yang pecah dengan emas sehingga menjadi lebih berharga, Tonelli menciptakan desain yang menggabungkan keindahan alami biru dan emas, seperti langit dan matahari.

Yang membuat desain ini berbeda adalah permukaan porcelain halus yang pecah dan mengungkapkan permukaan yang lebih berharga yang terbuat dari lembaran logam mulia. Ini adalah metafora untuk masa sulit yang kita alami saat ini. Desainnya mengingatkan kita pada Kintsukuroi, seni Jepang memperbaiki kerusakan dengan emas dan bahan berharga lainnya. Filosofi ini memandang kerusakan dan perbaikan sebagai bagian dari sejarah, melambangkan ketahanan dan awal baru.

Wallpaper ini dicetak secara digital pada vinyl bertekstur dengan finishing metalik. Ukuran panel standar adalah 650 cm lebar x 270 cm tinggi, tetapi tersedia dalam gulungan 50cm lebar x 270 cm tinggi. Selain ukuran panel standar, perusahaan dapat menyesuaikan desain sesuai kebutuhan klien. Wallpaper ini diproduksi di Belanda dengan kualitas tinggi yang memenuhi standar tertinggi untuk daya tahan dan resistensi terhadap api, sertifikasi Eropa BS1,d0, dan juga tahan gores.

Proyek desain ini dimulai selama pandemi 2020, ketika setiap kepastian hancur dalam pikiran kita, nilai baru muncul, yaitu penemuan kembali kebutuhan batin kita, inspirasi untuk desain ini. Dengan kolaborasi YO2 Design, proyek ini menjadi kenyataan, menjadi merek wallpaper baru dalam katalog 2021.

Desain ini telah memenangkan Iron A' Fine Arts and Art Installation Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Elisa Tonelli
Kredit Gambar: Elisa Tonelli
Anggota Tim Proyek: Elisa Tonelli
Nama Proyek: Kintsukuroi
Klien Proyek: Elisa Tonelli


Kintsukuroi IMG #2
Kintsukuroi IMG #3
Kintsukuroi IMG #4
Kintsukuroi IMG #5
Kintsukuroi IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang