Desain Pintu Geser Modern: Inovasi dalam Arsitektur Rumah

Masaki Suzuki Mengubah Tradisi Jepang Menjadi Solusi Ruang Modern

Desain pintu geser oleh Masaki Suzuki menawarkan solusi inovatif untuk tantangan ruang yang terbatas, menggabungkan tradisi Jepang dengan kebutuhan gaya hidup modern.

COVID-19 telah mengubah gaya hidup kita sepenuhnya. Bekerja dari rumah menjadi hal yang biasa, dengan pertemuan online dan pelajaran online bagi para siswa. Namun, ruang di rumah terbatas, dan jika Anda memiliki anak kecil, Anda membutuhkan lingkungan untuk mengawasi mereka. Situasi sulit ini menginspirasi Masaki Suzuki untuk memanfaatkan gaya pintu tradisional Jepang untuk gaya hidup baru.

Proyek renovasi ini adalah untuk sebuah apartemen dengan penggunaan modern pintu geser tradisional Jepang. Pintu geser telah lama digunakan di Jepang untuk mengendalikan bagaimana mereka berhubungan dengan alam dan orang lain. Sebanyak 10 pintu geser berkelanjutan ditempatkan sebagai pengganti dinding. Hasilnya, ruangan memiliki tingkat kebebasan yang tinggi, memungkinkan pencahayaan alami di koridor dan penggunaan sesuai dengan berbagai situasi. Bahkan dalam ruang yang terbatas, cara hidup di mana Anda dapat bersantai dan bekerja di rumah berhasil diwujudkan.

Untuk mewujudkan ruang yang indah dan hangat, pintu geser berkelanjutan, meja ruang kerja, dan papan TV dibuat dari plywood yang sama yang cocok dengan lantai yang cerah. Dan bingkai kayu pintu geser kaca dibuat mendekati warna furnitur pemilik. Dengan menyelesaikan lantai koridor dengan ubin yang berkelanjutan dari pintu masuk, menciptakan ruang yang luas dan terbuka seperti lantai Doma yang merupakan lantai tanah di rumah kota tradisional Jepang menjadi tujuan.

Proyek ini dimulai pada Februari 2020 dan selesai pada Juli 2020 di Prefektur Chiba, Jepang. Sebagai hasil dari penelitian banyak apartemen Jepang, ada banyak kasus di mana koridor dalamnya gelap dan ruang memiliki kesan yang dingin. Oleh karena itu, dipertimbangkan metode untuk memasukkan pencahayaan alami ke dalam koridor di dalam unit hunian. Dengan meneliti arsitektur tradisional Jepang dan menggunakan pintu geser, berhasil memasukkan pencahayaan alami dari kamar tidur ke koridor.

Salah satu tantangan adalah bagaimana cara memasukkan pencahayaan alami ke pusat unit hunian di apartemen yang sudah dibangun. Melalui penelitian dari berbagai perspektif dan studi berbagai proposal, solusi berupa pintu geser berkelanjutan ditemukan. Di lokasi konstruksi, penyesuaian halus dilakukan agar pintu geser berkelanjutan dapat bergerak dengan lancar pada struktur yang ada yang sedikit terdistorsi.

Desain ini telah memenangkan Iron A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2022. Iron A' Design Award diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Diakui karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Masaki Suzuki
Kredit Gambar: Photographer: Koji Okumura / Forward Stroke Inc.
Anggota Tim Proyek: Masaki Suzuki
Nama Proyek: Sliding Door
Klien Proyek: Masaki Suzuki


Sliding Door IMG #2
Sliding Door IMG #3
Sliding Door IMG #4
Sliding Door IMG #5
Sliding Door IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang