TP-Link Hangzhou: Menciptakan Taman Kantor Tiga Dimensi

Desain Pusat Riset dan Pengembangan oleh Zhe Wang

TP-Link Hangzhou, pusat penelitian dan pengembangan yang dirancang oleh Zhe Wang, menggabungkan elemen-elemen budaya lokal Hangzhou dengan konsep taman kantor tiga dimensi.

Desain TP-Link Hangzhou terinspirasi oleh budaya lanskap urban lokal Hangzhou, dengan tujuan menciptakan taman kantor tiga dimensi. Desain ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan alami yang santai dan berdensitas rendah untuk pengguna melakukan relaksasi pribadi, kontak, dan komunikasi. Bangunan utara dan selatan memiliki eksterior yang padat dan ringkas, sementara atriumnya transparan dan fleksibel. Hal ini membuat ruang arsitektur bukan hanya menjadi wadah statis, tetapi juga menjadi mesin yang mendorong komunikasi yang setara, bebas, dan terbuka.

TP-Link, produsen produk jaringan komputer asal China yang berkembang pesat, memiliki kantor pusat di Hangzhou. Bangunan kreatif ini memiliki luas 26700 meter persegi dan 12 lantai yang menawarkan berbagai area kantor terbuka, ruang penelitian dan pengembangan, serta program fasilitas (ruang pertemuan, aula kuliah, kantin dan area kafe, taman atap, dan lain-lain) yang dirancang untuk mendorong kolaborasi. Sangat penting bagi proyek ini untuk memiliki penampilan berteknologi tinggi untuk merespons tetangga korporatnya.

Untuk mencapai penampilan atrium yang transparan dan memberikan lingkungan indoor berkualitas tinggi, struktur dinding tirai atrium dan jenis kaca dipilih dengan hati-hati. Dinding tirai atrium terdiri dari struktur kabel yang digantung dan kaca laminasi ultra putih untuk memenuhi tujuan desain. Kaca pada fasad bangunan slab utara dan selatan diisolasi dengan rasio Low-E yang lebih tinggi. Selain itu, sistem fasad dirancang dengan panel aluminium vertikal dengan jendela yang dapat dibuka di antaranya.

Proyek ini sengaja menghindari pembangunan gedung hingga batas ketinggian seperti yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan klien demi menciptakan landmark. Sebaliknya, proyek ini terdiri dari dua slab dengan ketinggian dan bentuk yang berbeda dan membentuk halaman depan yang menghadap jalan utama. Atrium transparan juga memberikan koneksi visual yang jelas dengan jalan arteri regional sebagai sumbu ruang perkotaan. Oleh karena itu, proyek ini bertujuan untuk memberikan fasad skala manusia yang lebih ramah dan antarmuka perkotaan yang lebih menyambut.

TP-Link Hangzhou berhasil meraih penghargaan Silver A' Design Award dalam kategori Arsitektur, Bangunan, dan Desain Struktur pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa, kreatif, dan profesional yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Zhe Wang of SZA Architects
Kredit Gambar: Photograph:Jin, Weiqi Video: BEIJING SZA ARCHITECTURAL DESIGN CONSULTANT
Anggota Tim Proyek: Wang,Zhe Shi,Wei Su,Ting Wu, Runze Jiang,Nan Ma,Tao Zhang,Yan Gao,Huilai Wang,Bingcong
Nama Proyek: Tp-Link Hangzhou
Klien Proyek: Zhe Wang of SZA Architects


Tp-Link Hangzhou IMG #2
Tp-Link Hangzhou IMG #3
Tp-Link Hangzhou IMG #4
Tp-Link Hangzhou IMG #5
Tp-Link Hangzhou IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang