Doaba Dhaba: Inovasi dalam Kemasan Makanan Berkelanjutan

Desain Kemasan Makanan yang Menggabungkan Nilai-nilai Otentisitas dan Keberlanjutan

Desain kemasan makanan ini menggabungkan nilai-nilai otentisitas dan keberlanjutan, dengan menggunakan bahan-bahan alami dan ramah lingkungan.

Doaba Dhaba, sebuah konsep dapur awan di India, telah merancang identitas merek dan kemasan yang mencerminkan nilai-nilai otentisitas dan keberlanjutan. Desain ini terinspirasi dari gaya kemasan unik yang menggunakan pot tanah liat dan daun pisang, yang diterapkan dalam sistem pengiriman dapur awan untuk pertama kalinya selama proyek ini.

Identitas merek Doaba Dhaba mencerminkan nuansa rustik dan organik dari merek tersebut. Hidangan utama dikemas dalam Handis (pot tanah liat), yang dibuat oleh pengrajin lokal. Roti dan naan dikemas dalam daun pisang yang diikat bersama oleh benang jute. Semua ini kemudian dimasukkan ke dalam tas yang terbuat dari kertas daur ulang. Selain itu, untuk meminimalkan jejak karbon, pengiriman makanan dilakukan menggunakan kendaraan listrik.

Desain ini menggunakan teknologi realisasi yang melibatkan pot tanah liat buatan tangan, daun pisang, dan kertas daur ulang. Spesifikasi teknis desain ini meliputi berbagai ukuran pot, dengan kemasan daun pisang yang fleksibel tergantung pada jumlah dan ketebalan roti.

Interaksi desain ini melibatkan transfer hidangan ke dalam pot tanah liat yang kemudian ditutup dengan kertas mentega dan ditutup menggunakan tutup tanah liat bersama dengan label yang diikat di leher yang menentukan hidangan dan kari. Roti/Naan dibungkus dalam daun pisang segar yang kemudian diikat dengan benang jute dan tag yang menentukan jenis roti. Semua ini kemudian dimasukkan ke dalam tas kertas daur ulang yang siap untuk dikirim.

Proyek ini dimulai pada Februari 2021 dan selesai pada April 2021 di India. Penelitian mendalam dilakukan untuk memahami budaya lokal dan makanan, serta untuk menemukan solusi alternatif untuk kemasan pengiriman makanan plastik sekali pakai. Solusi ini ditemukan setelah mempelajari praktik lama India dalam menyajikan makanan dalam pot tanah liat dan daun pisang, yang masih digunakan di beberapa bagian negara tersebut. Bahan-bahan ini sepenuhnya biodegradable dan sepenuhnya aman untuk penyajian makanan.

Desain ini berhasil mengatasi tantangan kreatif dan teknis, termasuk mengurangi biaya produksi kemasan dan memastikan pot tidak pecah selama transit. Desain ini telah dianugerahi Bronze di A' Sustainable Products, Projects and Green Design Award pada tahun 2022, sebuah penghargaan yang diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang memvalidasi pengalaman dan sumber daya.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Akkshit Khattar
Kredit Gambar: Akkshit Khattar
Anggota Tim Proyek: Akkshit Khattar
Nama Proyek: Doaba Dhaba
Klien Proyek: Akkshit Khattar


Doaba Dhaba IMG #2
Doaba Dhaba IMG #3
Doaba Dhaba IMG #4
Doaba Dhaba IMG #5
Doaba Dhaba IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang