Spark: Gitar Listrik 3D Cetak Ramah Lingkungan untuk Perjalanan

Inovasi Desain oleh Maxwell Brazo

Sebuah eksplorasi untuk mereplikasi proses tradisional pembuatan gitar melalui metode manufaktur skala kecil yang modern dan penelitian alternatif material untuk pembuatan gitar. Terinspirasi oleh gitar vintage Fender, Steinberger, La Baye 2x4, dan lap steel.

Gitar Spark adalah sebuah terobosan dalam hal keberlanjutan, aksesibilitas, dan adaptabilitas. Didesain oleh Maxwell Brazo, gitar ini menggunakan perangkat lunak desain berbantu komputer dan teknologi Fused Filament Fabrication untuk mencetak seluruh bagian tubuh, leher, dan papan nada dengan menggunakan bahan alternatif yang ramah lingkungan.

Desain unik dari Spark memungkinkan siapa pun untuk mencetak dan merakit gitar ini di rumah dengan biaya yang terjangkau. Bahan komposit daur ulang dari plastik dan serat kayu yang digunakan dapat sepenuhnya diolah dan dirakit dengan menggunakan metode sederhana dan standar. Seluruh komponen listrik dan mekaniknya diproduksi secara lokal dan mudah ditemukan.

Gitar Spark memiliki dimensi yang kompak dengan lebar 133,35mm (5,25 inci), kedalaman 57,15mm (2,25 inci), dan tinggi 768,35mm (30,25 inci). Skala panjangnya adalah 25,5 inci dengan radius papan nada 9,5 inci. Gitar ini dilengkapi dengan profil leher Modern C, pickup pasif single coil dan humbucker, serta jembatan tetap dan kepala dengan ujung bola ganda.

Proyek desain ini telah melalui penelitian yang mendalam untuk memastikan hasil akhir yang dapat dimainkan dengan baik. Dimensi standar dari model klasik berkualitas tinggi digunakan sebagai acuan untuk memberikan estetika yang familiar dan kerangka kerja yang baik, sementara komponen yang digunakan didasarkan pada popularitas dan ketersediaan yang luas.

Salah satu tantangan dalam pembuatan gitar Spark adalah penggunaan filamen bio-komposit yang, meskipun dapat didaur ulang atau terurai, tidak memberikan dukungan struktural yang memadai untuk instrumen gesek berukuran penuh. Oleh karena itu, penelitian dan pengujian material tambahan dengan sifat mekanik yang lebih baik dilakukan. Beberapa atribut yang dipertimbangkan adalah ketahanan terhadap deformasi akibat beban jangka panjang, kekuatan tarik, perpanjangan saat putus, densitas, dan kemudahan pencetakan.

Gitar Spark merupakan solusi inovatif untuk menghasilkan dan merakit gitar sendiri dengan biaya yang terjangkau menggunakan bahan daur ulang. Desainnya yang kompak dan sesuai dengan ukuran gitar full-scale memungkinkan pemain untuk membawa gitar ini dengan mudah saat bepergian. Gitar ini merupakan perpaduan antara tradisi dan transformasi, diwujudkan melalui aplikasi desain berbantu komputer, teknologi pencetakan 3D, dan filamen bio-komposit daur ulang.

Proyek desain Spark ini telah memenangkan Penghargaan Perunggu dalam A' Design Award 2022 untuk kategori Desain Instrumen Musik. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif dan inovatif yang menggabungkan pengalaman dan kecerdikan. Desain ini menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Sumber Gambar: - Gambar #1: Dibuat oleh Maxwell Brazo, 2022. - Gambar #2: Dibuat oleh Maxwell Brazo, 2022. - Gambar #3: Dibuat oleh Maxwell Brazo, 2022. - Gambar #4: Difoto oleh Maxwell Brazo, 2022. - Gambar #5: Dibuat oleh Maxwell Brazo, 2022.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Maxwell Brazo
Kredit Gambar: Image #1: Creator Maxwell Brazo, 2022. Image #2: Creator Maxwell Brazo, 2022. Image #3: Creator Maxwell Brazo, 2022. Image #4: Photographer Maxwell Brazo, 2022. Image #5: Creator Maxwell Brazo, 2022.
Anggota Tim Proyek: Maxwell Brazo
Nama Proyek: Spark
Klien Proyek: Maxwell Brazo


Spark IMG #2
Spark IMG #3
Spark IMG #4
Spark IMG #5
Spark IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang