Hex: Inovasi Synthesizer Polifonik Karya Anze Sekelj

Alat Musik Elektronik yang Menyatukan Pendidikan dan Performa

Memperkenalkan HEX cor, sebuah synthesizer digital polifonik yang dirancang untuk merangkul dunia musik elektronik dengan pendekatan edukatif dan performa yang inovatif.

HEX cor merupakan hasil dari konsep dan pengalaman Anze Sekelj dalam mengembangkan alat didaktik dan instalasi seni media. Synthesizer ini dirancang untuk menjadi alat musik elektronik yang terjangkau, portabel, dan intuitif, yang tidak hanya untuk menciptakan musik tetapi juga sebagai media bermain dan belajar. Dengan mengusung misi keterjangkauan, HEX cor hadir dengan desain papan sirkuit cetak yang berani, mengintegrasikan elemen interaktif pengguna dan bagian fungsional dalam satu kesatuan.

Keunikan HEX cor terletak pada keyboard kapasitifnya, potensiometer untuk modulasi sinyal, dan looper yang dapat disesuaikan. Tersedia juga dalam bentuk kit DIY, desain instrumen ini dioptimalkan untuk penggunaan dalam berbagai konteks, dengan fokus pada aspek edukatif dan performa. Semua komponen yang terlibat dalam instrumen ini 100% dapat diganti, menekankan hak perbaikan, kemudahan perakitan, dan penggunaan jangka panjang yang berkelanjutan. Pendekatan ini bertujuan untuk memperkenalkan musik elektronik kepada khalayak yang lebih luas.

Antarmuka produk dirancang dengan gaya minimalis yang rapi, mempertimbangkan pengalaman taktil pengguna yang juga cocok untuk individu yang memiliki keterbatasan visual dan motorik. HEX cor didukung oleh dasar kayu yang tipis dan diukir dengan CNC, yang dilampirkan pada bagian bawah papan sirkuit cetak, melindungi komponen elektronik yang sensitif. UI instrumen terdiri dari komponen interaktif yang dianotasikan dengan ringkas dan keyboard sentuh kapasitif yang terletak di PCB. Penghilangan tambahan tombol mekanis mengurangi ukuran produk, meningkatkan mobilitas, dan menurunkan biaya akhir.

HEX cor telah dikembangkan sejak tahun 2020 di Ljubljana, Slovenia dan diluncurkan pada awal tahun 2023. Sejak itu, synthesizer ini telah dipamerkan di berbagai tempat dan digunakan sebagai alat dalam berbagai lokakarya pendidikan. HEX cor adalah synthesizer digital polifonik dengan keyboard kapasitif, potensiometer untuk modulasi sinyal, dan looper yang dapat disesuaikan. Desain instrumen ini, yang juga tersedia dalam bentuk kit DIY, dioptimalkan untuk digunakan dalam berbagai konteks dengan fokus pada aspek edukatif dan performa. Komponen yang terdiri dari instrumen ini 100% dapat diganti, menekankan hak perbaikan, kemudahan perakitan, dan penggunaan jangka panjang yang berkelanjutan. Dengan pendekatan ini, kami berusaha memperkenalkan musik elektronik kepada khalayak yang lebih luas.

HEX cor telah dianugerahi Iron dalam A' Musical Instruments Design Award pada tahun 2024. Penghargaan Iron A' Design Award diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi kebutuhan profesional dan industri. Penghargaan ini dihormati karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Anze Sekelj
Kredit Gambar: Photo: Hex Haus
Anggota Tim Proyek: Anze Sekelj
Nama Proyek: HEX Cor
Klien Proyek: Hex Haus


HEX Cor IMG #2
HEX Cor IMG #3
HEX Cor IMG #4
HEX Cor IMG #5
HEX Cor IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang