Roi Re: Membawa Kembali Kisah Pedagang Jalanan Thailand yang Terabaikan

Sebuah Pameran Online yang Menghidupkan Kembali Budaya Thailand Melalui Ilustrasi

Sejak dulu, pedagang jalanan memiliki hubungan yang kuat dengan Thailand. Namun, perkembangan dan modernisasi telah membuat pedagang jalanan bergaya kuno semakin tidak dominan. Banyak pedagang jalanan unik telah berubah bentuk secara perlahan, dan beberapa di antaranya bahkan menghilang. Selain itu, cerita-cerita mereka sering berasal dari cerita lisan dan kenangan generasi tua, yang terkadang terputus dari generasi muda.

"Roi Re" adalah sebuah situs pameran online yang fokus pada kisah-kisah pedagang jalanan bergaya kuno Thailand yang jarang ditemui saat ini. Tujuannya adalah menciptakan apresiasi dan kesadaran di kalangan generasi muda terhadap budaya Thailand melalui eksplorasi kegiatan jual beli jalanan bergaya kuno yang langka ini. Roi Re menyediakan informasi, pengetahuan, dan alat melalui serangkaian ilustrasi yang unik dan menarik.

"Roi Re" menyajikan informasi, pengetahuan, dan alat melalui penggunaan serangkaian ilustrasi yang unik dan menarik, teknologi Augmented Reality (AR) di lokasi dalam bentuk kios pop-up, serta serangkaian materi promosi untuk menghubungkan generasi muda dengan apa yang dulu dilakukan oleh pedagang jalanan.

Situs pameran online ini menyajikan informasi, pengetahuan, dan alat melalui penggunaan serangkaian ilustrasi animasi yang menarik untuk meniru lingkungan pedagang jalanan di masa lalu. Pengunjung dapat bermain dan menjelajahi barang-barang yang muncul di layar bersamaan dengan pameran fisik, kios pop-up, menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) untuk menjelajahi cerita-cerita tersembunyi para pedagang jalanan di berbagai lokasi bersejarah, seperti Jalan Charoen Krung.

Proyek ini dimulai pada September 2019 dengan penelitian dan pengembangan desain, dan selesai pada Juli 2020 untuk pameran di Siam Center (Bangkok) pada 20-22 November 2020.

Pedagang jalanan bergaya kuno Thailand memiliki hubungan yang kuat dengan budaya dan masyarakat Thailand. Namun, perkembangan dan modernisasi saat ini membuat mereka semakin tidak dominan, banyak yang berubah bentuk secara perlahan, dan beberapa di antaranya menghilang. Selain itu, cerita-cerita mereka sering berasal dari cerita lisan dan kenangan generasi tua, yang terkadang terputus dari generasi baru dan catatan resmi tentang cerita mereka sulit ditemukan.

Tujuan dari proyek ini adalah untuk melestarikan dan menciptakan apresiasi terhadap pedagang jalanan bergaya kuno Thailand di kalangan generasi muda. Dengan menghadirkan kembali cerita-cerita mereka dalam waktu sekarang dengan bantuan teknologi, AR, museum virtual, video motion graphic, kios pop-up di lokasi, dan gaya ilustrasi yang menyenangkan, generasi muda diizinkan untuk menjelajahi dan mengalami bagaimana rasanya menjadi pedagang jalanan di masa lalu.

Banyak dari cerita-cerita ini sering berasal dari cerita lisan dan kenangan generasi tua, dan catatan resmi tentang cerita mereka sulit ditemukan. Oleh karena itu, konten utamanya didasarkan pada wawancara dengan generasi tua yang mengenal dan mengalami pedagang jalanan bergaya kuno.

"Roi Re" adalah sebuah inovasi yang menghidupkan kembali kisah-kisah pedagang jalanan bergaya kuno Thailand yang terabaikan. Melalui ilustrasi yang unik dan menarik, situs pameran online ini berhasil menciptakan apresiasi dan kesadaran terhadap budaya Thailand di kalangan generasi muda. Dengan menggabungkan teknologi modern seperti Augmented Reality (AR), "Roi Re" mengajak pengunjung untuk menjelajahi dan mengalami kembali kehidupan pedagang jalanan bergaya kuno yang langka ini.

Prestasi yang diraih oleh desain ini adalah memenangkan penghargaan Iron di A' Social Design Award pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Desain ini dihormati karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: poovakorn watcharaphongphiphat
Kredit Gambar: poovakorn watcharaphongphiphat
Anggota Tim Proyek: poovakorn watcharaphongphiphat
Nama Proyek: Roi Re
Klien Proyek: poovakorn watcharaphongphiphat


Roi Re IMG #2
Roi Re IMG #3
Roi Re IMG #4
Roi Re IMG #5
Roi Re IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang