Inter Realm: Sebuah Karya Seni Arsitektur oleh Wang Yi Fang

Merajut Hubungan antara Ruang dan Objek dalam Desain Hunian

Inter Realm, sebuah proyek desain hunian oleh Wang Yi Fang, menghadirkan konsep desain yang unik dengan memanfaatkan ruang putih sebagai poros yang menghubungkan objek dengan ruang.

Proyek ini mengambil inspirasi dari konsep "Inter-Realm" sebagai inti desain, dengan ruang putih sebagai sumbu yang menghubungkan objek dengan ruang. Keseimbangan halus yang dibentuk oleh ruang putih tersembunyi ini menyoroti hubungan yang saling terkait antara ruang dan objek.

Ada tiga hubungan yang terjalin dalam ruang besar ini: suasana antara lingkungan dan medium, persepsi yang dibawa oleh medium kepada pengguna, dan interaksi antara pengguna dan lingkungan. Hubungan-hubungan ini tercipta di dalam ruangan, dan keterkaitan mereka satu sama lain mendorong dialog antara orang, objek, dan lingkungan.

Beberapa dinding interior dirancang dengan tepi berlapis titanium untuk menciptakan dialog antara bahan dan menonjolkan proporsi linier, sementara kamar tidur di area pribadi berfokus pada fungsi penyimpanan. Oleh karena itu, permukaan lemari sebagian besar dilengkapi dengan pintu vertikal dan laminasi horizontal untuk memberikan kontras linier horizontal dan vertikal yang menarik.

Dari foyer hingga ruang tamu, lemari cermin hitam dari dinding ke dinding mencerminkan domain publik dan memperluas bidang pandang seseorang. Di belakang ruang tamu, lemari dinding mengambang yang dirancang khusus dengan cerdas menciptakan ketidakberaturan yang indah dengan langit-langit, dinding, dan lemari rendah di belakang sofa.

Proyek ini dinamakan Inter-Realm dan menggambarkan bagaimana medium dan lingkungan saling melengkapi satu sama lain untuk membentuk rasa keberadaan. Lingkungan adalah seluruh volume ruang yang berisi berbagai media yang memperkaya hubungan spasial.

Beberapa tantangan kreatif dan teknis yang dihadapi dalam proyek ini termasuk desain beberapa dinding interior dengan tepi berlapis titanium untuk menciptakan dialog antara bahan dan menonjolkan proporsi linier.

Desainer mengungkapkan seni yang ingin diceritakan melalui antarmuka multi-level yang dihasilkan dalam lingkungan ruang melalui garis-garis bergerak dari lapangan rumah. Lapangan perumahan dimulai dari pintu masuk dan mengarah ke serangkaian garis bergerak, yang memulai suasana cerita, dan memasuki hubungan tumbukan antarmuka lapis demi lapis untuk menghasilkan pemikiran estetika.

Desain ini telah dianugerahi Iron dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2022. Iron A' Design Award diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: WANG YI FANG
Kredit Gambar: WANG YI FANG
Anggota Tim Proyek: Wang yi fang
Nama Proyek: Inter Realm
Klien Proyek: WANG YI FANG


Inter Realm IMG #2
Inter Realm IMG #3
Inter Realm IMG #4
Inter Realm IMG #5
Inter Realm IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang