Villa Lakeside: Harmoni Antara Ruang dan Alam

Desain Ruang Hidup Yang Luobin: Menggabungkan Fungsi dan Estetika

Desain ruang hidup yang dirancang oleh Yang Luobin, Villa Lakeside, mencerminkan harmoni antara ruang dan alam. Dengan inspirasi dari konsep 'ma' dalam budaya Jepang, villa ini menawarkan pengalaman hidup yang unik dengan menggabungkan fungsi dan estetika.

Yang Luobin, desainer di balik Villa Lakeside, merancang ruang hidup ini dengan inspirasi dari konsep 'ma' dalam budaya Jepang. 'Ma' diartikan sebagai celah atau jeda dalam periode waktu atau ruang dan dianggap sebagai sesuatu yang berkelanjutan dan fluid. Dalam proyek ini, desainnya memungkinkan ruang untuk terhubung dengan lancar dengan lanskap alam sekitar dan tumbuh bersama alam.

Villa ini terdiri dari 1 lantai bawah tanah dan 3 lantai di atas tanah. Ruang tamu yang terbuka, dengan jendela Prancis yang transparan menciptakan transparansi dan mengaburkan batas antara interior dan luar ruangan. Area fungsional di sekitar pusat diuraikan oleh garis yang rapi, untuk merangsang interaksi antara ruang dan penghuni. Desain ini menekankan hubungan proporsional yang harmonis, menciptakan efek visual yang jelas, rapi, dan ritmis.

Warna palet yang menenangkan digunakan untuk menciptakan suasana yang tenang, terutama di kamar tidur. Ruang pribadi didominasi oleh nuansa putih dan warna kayu, yang menciptakan suasana yang alami dan damai. Area putih yang luas di kamar tidur sepenuhnya mencerminkan cahaya alami. Dengan keterbukaan dan cahaya matahari yang cukup, ruang pribadi yang independen bagi anggota keluarga memenuhi fungsi untuk belajar dan bekerja.

Dapur dan area makan terhubung dengan ruang tamu. Penghuni dapat duduk di sekitar pulau, mengobrol dan menikmati pemandangan luar. Kombinasi area fungsional terbuka menciptakan ruang yang multifungsi dan fleksibel. Sebagai titik koneksi dalam ruang, tangga dirancang berdasarkan filosofi hidup. Dengan ide pengurangan, diberikan bentuk transparan yang sederhana. Garis yang rapi memanjang ke atas, menambahkan ekspresi yang hidup ke ruang.

Proyek ini dimulai pada Mei 2018 di Kota Taizhou, Provinsi Zhejiang, China dan selesai pada Mei 2020 di Kota Taizhou, Provinsi Zhejiang, China. Dalam merancang Villa Lakeside, Yang Luobin menghadapi tantangan bagaimana mewujudkan kejaran penghuni akan kehidupan yang menyenangkan. Desain harus disesuaikan berdasarkan kebiasaan hidup dan mode perilaku penghuni yang berbeda.

Desain Villa Lakeside telah mendapatkan penghargaan Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengesahkan pengalaman dan kecerdasan. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Yang Luobin
Kredit Gambar: Image #1: Photographer UOHO, Lakeside Villa, 2020. Image #2: Photographer UOHO, Lakeside Villa, 2020. Image #3: Photographer UOHO, Lakeside Villa, 2020. Image #4: Photographer UOHO, Lakeside Villa, 2020. Image #5: Photographer UOHO, Lakeside Villa, 2020.
Anggota Tim Proyek: Main design: Yang Luobin
Nama Proyek: Lakeside Villa
Klien Proyek: Yang Luobin


Lakeside Villa IMG #2
Lakeside Villa IMG #3
Lakeside Villa IMG #4
Lakeside Villa IMG #5
Lakeside Villa IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang