Satori Harbor: Perpustakaan yang Menggabungkan Seni dan Kesadaran

Sebuah Persembahan dari Vipshop China Co., Ltd

Pendahuluan

Vipshop China Co., Ltd telah menciptakan sebuah perpustakaan yang bertransformasi menjadi tempat perlindungan yang mencerminkan semangat kontemplasi di dalam markas besarnya. Didesain oleh Wutopia Lab, Satori Harbor mewakili sebuah kota pelabuhan abstrak di mana karyawan dapat mengembara melalui literatur dan merasakan satori; sebuah keadaan keberadaan transendental dalam praktik Taoisme, seperti cahaya pagi yang menyinari seluruh bumi.

Isi

Satori Harbor, yang terletak di lantai 19, adalah sebuah kota di dalam kota. Tempat yang paling penting di dalamnya adalah galeri, sebuah reinterpretasi dari salon seni Eropa. Dinding galeri ini dilapisi dengan lukisan yang dikumpulkan dari seluruh dunia dan ditempatkan tanpa hierarki tertentu. Di ujung koridor haowu terdapat jendela berbentuk lingkaran yang menangkap sudut kecil dari kota. Yu Ting, sang arsitek utama, berusaha menciptakan pengalaman ruang dan waktu yang samar melalui perjalanan yang berkelok-kelok melalui cahaya dan kegelapan.

Perpustakaan ini dibangun dengan menggunakan teknologi stucco yang melapisi seluruh ruang, termasuk dinding dan lantainya. Namun, langkah-langkah melengkung menggunakan terrazzo berwarna beige untuk membedakannya dari lantai di bawahnya. Langit-langit dicat dengan warna putih. Tiga bukaan lingkaran di sebelah kiri adalah jendela menuju ruangan di belakangnya. Jendela rosette ini mengambil inspirasi dari sejarah Guangzhou yang populer pada abad ke-18. Dengan menggunakan stucco dan terrazzo, ruang ini dapat memiliki lebih banyak kemungkinan untuk mengadakan berbagai aktivitas.

Kesimpulan

Satori Harbor adalah sebuah perpustakaan yang unik dan menggabungkan seni dengan kesadaran. Dengan desain yang inovatif dan inspiratif, Vipshop China Co., Ltd telah menciptakan sebuah tempat yang memadukan keindahan seni dengan pengalaman spiritual. Satori Harbor bukan hanya sekadar perpustakaan, tetapi juga merupakan sebuah tempat perlindungan yang melambangkan semangat kehidupan dan pencerahan. Dalam dunia yang semakin sibuk dan penuh dengan hiruk pikuk, Satori Harbor memberikan kesempatan bagi karyawan Vipshop untuk melarikan diri sejenak dan menemukan ketenangan di tengah kehidupan yang penuh tekanan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Sha Li
Kredit Gambar: CreatAR Images
Anggota Tim Proyek: Chief Architect: Yu Ting Project Architect: Guo Yuchen, Yang Siqi, Zhan Beidi Project Manager: Pu Shengrui Design Consultant: Studio Yuda Design Development: Dai Yunfeng, Wu Xiaoyan, Guo Jianv, Zhao Ruyi (Alignment Studio Shanghai) MEP Consultant: Zhang Minmin, Shi Jianglong, Kuang Jing, Zhu Busen, Hu Lei Lighting Consultant: Chloe Zhang Structural Engineering: Yu Junfeng Project Coordination: Li Sha, Liu Hui Construction Manager: Luo Zhiyue
Nama Proyek: The Satori Harbor
Klien Proyek: Sha Li


The Satori Harbor IMG #2
The Satori Harbor IMG #3
The Satori Harbor IMG #4
The Satori Harbor IMG #5
The Satori Harbor IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang