Desain Piktogram Pencegahan Bencana: Integrasi Informasi Tsunami

Oleh Noriaki Mori

Pendahuluan

Di Jepang, sering terjadi kerusakan akibat tsunami yang disebabkan oleh gempa bumi. Namun, belum ada peta resmi tentang ketinggian gelombang dan bahaya tsunami di daerah tersebut. Selain itu, tampilan yang menggambarkan tsunami tidak seragam di seluruh pemerintah daerah. Hal ini merupakan realitas universal. Oleh karena itu, kami mengembangkan piktogram terpadu ini untuk mengembalikan dunia di mana informasi yang dibutuhkan dalam situasi darurat dapat jelas setiap hari.

Isi

Piktogram ini merupakan tampilan terpadu dari informasi yang diperlukan untuk mengatasi bencana tsunami. Anda dapat memeriksa ketinggian di atas permukaan laut bersamaan dengan ketinggian gelombang tsunami yang diprediksi. Selain itu, Anda dapat memeriksa peta bahaya daerah dengan membaca kode QR yang ditampilkan bersamaan dalam piktogram ini.

Anda dapat mengetahui ketinggian gelombang tsunami yang diprediksi di lokasi Anda saat ini dalam 3 tahap, yaitu 1 meter atau lebih, 3 meter atau lebih, dan 5 meter atau lebih. Anda juga dapat memperoleh peta bahaya dengan membaca kode QR. Dengan demikian, Anda dapat segera mengkonfirmasi lokasi evakuasi.

Desain ini dapat diekspresikan pada perangkat cetak atau tampilan apa pun, sehingga ukurannya dapat diatur dengan cara apa pun. Ketika menulis di tiang utilitas di Jepang, disarankan untuk menulis dalam arah vertikal dan horizontal sekitar 300 mm.

Kesimpulan

Piktogram ini merupakan tampilan terpadu dari informasi yang diperlukan dalam situasi bencana tsunami. Siapa pun dapat memeriksa peta bahaya daerah dengan membaca kode QR yang ditampilkan bersamaan dengan tampilan ketinggian gelombang tsunami pada smartphone. Dalam sekilas pandang, satu tindakan melalui smartphone mewujudkan mekanisme untuk mendorong tindakan berikutnya. Ide ini didasarkan pada pengalaman nyata seperti gempa bumi dan tsunami yang disebabkannya, dan didasarkan pada gagasan unik Jepang, yang dapat dikatakan sebagai negara rawan bencana. Mereka mengusulkan piktogram yang seragam secara global yang sebelumnya tidak mungkin ada.

Sumber Gambar: Noriaki Mori

Desain ini telah memenangkan Penghargaan A' Design Bronze dalam kategori Desain Grafis, Ilustrasi, dan Komunikasi Visual pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Penghargaan ini dihargai karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Noriaki Mori
Kredit Gambar: Image #1 : Noriaki Mori, Image #2 : Noriaki Mori, Image #3 : Noriaki Mori, Image #4 : Noriaki Mori
Anggota Tim Proyek: Noriaki Mori
Nama Proyek: Integration
Klien Proyek: Noriaki Mori


 Integration IMG #2
 Integration IMG #3
 Integration IMG #4
 Integration IMG #5
 Integration IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang