Optique: Seni Fungsional yang Menghidupkan Ruangan

Albert Potgieter Menciptakan Karya Seni Fungsional yang Menggabungkan Alam dan Desain

Albert Potgieter, seorang desainer berbakat, telah menciptakan sebuah bangku yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat duduk, tetapi juga sebagai karya seni. Dengan inspirasi dari alam dan keinginan untuk menciptakan desain yang ramah lingkungan, Potgieter menciptakan bangku Optique yang unik dan menarik.

Proses desain bangku Optique dimulai di peternakan keluarga Potgieter di Afrika Selatan. Dia terinspirasi oleh pemandangan alam, seperti garis-garis pohon, bidang rumput emas yang bergerak dengan angin, dan keunikan bushveld. Dengan menggunakan potongan-potongan kayu sisa, Potgieter berhasil menciptakan prototipe pertama bangku Optique yang membawa garis-garis mentah, liar, namun linear yang terlihat di alam.

Optique dirancang untuk menjadi karya seni fungsional. Desain ini unik dalam aspek visualnya, memberikan kesan gerakan dan kehidupan. Dengan latar belakang desain di Afrika, bangku ini membawa sifat alam dan kehidupan liar, memberikan tampilan yang sangat khusus dan unik. Inti dari desain ini adalah untuk menarik perhatian, mengumpulkan orang di sekitarnya, dan meningkatkan ruang yang diisi.

Bangku Optique dibuat dengan cara yang sangat unik. Hanya sebagian ide yang dirancang di atas kertas pada awalnya, ketika Potgieter langsung melompat ke proses pembuatan. Bangku ini sepenuhnya dibuat tangan dari kayu keras solid. Setiap bagian dipotong, ditempatkan pada posisi yang tepat, ditempel bersama, dan perlahan dibangun menjadi bagian yang semakin besar. Hanya kayu dan lem yang digunakan dalam produksi bangku Optique, dengan sedikit baut di bagian bawah kaki untuk memberikan detail.

Proses desain bangku Optique dimulai pada Desember 2018 di peternakan keluarga Potgieter di Afrika Selatan, dan produksinya diselesaikan pada Februari 2019 di Rotterdam, Belanda. Penelitian yang mendasari desain ini tidak dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang spesifik atau pada tanggal atau waktu tertentu. Ini adalah cara hidup, menjaga mata terbuka untuk apa yang ada di sekitar Anda. Melihat bentuk-bentuk abstrak atau garis-garis alami dari alam di luar. Retakan dan alur di batang pohon, cara daun-daun tersebar di tanah, bentuk-bentuk yang dibuat, gelombang di air ketika angin bertiup di atasnya. Itulah jenis penelitian konstan yang pada akhirnya terakumulasi dan berkumpul menjadi produk, seperti penciptaan bangku Optique.

Desain ini telah memenangkan Penghargaan Desain A' Furniture Iron pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Diakui karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.

Dengan bangku Optique, Albert Potgieter telah menciptakan karya seni fungsional yang menghidupkan ruangan. Dengan menggabungkan inspirasi alam dan desain yang ramah lingkungan, Potgieter telah menciptakan sebuah bangku yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat duduk, tetapi juga sebagai karya seni yang menarik dan unik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Albert Potgieter
Kredit Gambar: Image #1: Photographer Martijn Roos, Optique Bench, 2020 Image #2: Photographer Martijn Roos, Optique Bench, 2020 Image #3: Photographer Martijn Roos, Optique Bench, 2020 Image #4: Photographer Martijn Roos, Optique Bench, 2020 Image #5: Photographer Martijn Roos, Optique Bench, 2020
Anggota Tim Proyek: Albert Potgieter
Nama Proyek: Optique
Klien Proyek: Albert Potgieter


Optique IMG #2
Optique IMG #3
Optique IMG #4
Optique IMG #5
Optique IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang