Infinity: Konsol Seni yang Memadukan Tradisi dan Inovasi

Cesare Arosio Menghadirkan Karya Unik Melalui Kolaborasi dan Keterampilan Tinggi

Infinity, bukan sekadar nama, tetapi manifestasi dari kolaborasi intens dan panjang antara Cesare Arosio dan Laurameroni Design Collection.

Konsol Infinity lahir dari keahlian unik dalam mengolah material yang menjadi ciri khas Laurameroni. Karya ini mencerminkan keunikan, keragaman, dan kemampuan khusus dalam pengerjaan material. Konsol ini bukan hanya sebuah objek fungsional, tetapi juga sebuah karya seni yang terinspirasi dari bentuk-bentuk organik dan fluida alam, seperti ombak yang merupakan patung alam yang menakjubkan.

Infinity menonjolkan detail geometris dasar alveolar yang menjadi ciri khas koleksinya, diperkaya dengan lekukan halus yang menggugah. Penggunaan bahan baku seperti kayu sangat krusial dan dimanfaatkan dengan maksimal, memanfaatkan beragam penyelesaian, konsep, dan teknik yang secara alami ditawarkan oleh material tersebut. Basis konsol yang terukir dari kayu tidak hanya memanjakan mata dan sentuhan, tetapi juga menjadi simbol kemahiran para pengrajin.

Teknik pengerjaan yang mahir dalam kerajinan tingkat tinggi memungkinkan penciptaan kurva yang sangat kompleks. Kerumitan yang membedakan konsol Infinity mengacu pada warisan artisan khas Brianza. Bentuk-bentuk melengkung dikombinasikan dengan selera detail yang halus, seperti pengerjaan luar biasa pada bagian luar konsol yang dibuat menggunakan material khusus.

Konsol Infinity berdimensi 1800 mm X 800 mm X 450 mm, merupakan objek multi-fungsi yang dapat digunakan untuk meletakkan objek, karya seni, dan aksesori pencahayaan. Dengan desainnya, konsol ini juga berfungsi sebagai elemen dekoratif dalam ruangan. Proyek ini dimulai pada September 2021 dan selesai pada April 2022, serta telah dipamerkan di Salone del Mobile.

Penelitian yang mendalam tentang hubungan dengan alam menjadi titik awal dalam menciptakan material yang dapat menggambarkan kelenturan bentuk alam. Melalui sketsa persiapan dan hubungan yang terjalin erat dengan perusahaan dan para pengrajin, Infinity berhasil mencapai tujuannya. Seiring waktu, teknik ini disempurnakan dan diterapkan hingga batas fisik material untuk menghasilkan model yang tampak seperti patung alam yang sesungguhnya. Hasil akhirnya adalah sebuah perabot dekoratif dengan kepribadian kuat yang dapat masuk dengan gaya dan elegan ke dalam konteks kehidupan apa pun.

Cesare Arosio, arsitek dan desainer, merancang proyek Infinity dengan lingkaran dan kurva majemuk, memberikannya bentuk organik. Inspirasi berasal dari seni, desain kontemporer, dan keahlian perusahaan. Ia berhasil memberikan produk gaya unik yang juga membuat ekletisme kreatifnya dihargai, yang memadukan modernisme dan minimalisme dalam bentuk organik. Konsol ini merevisi detail unik dari dasar alveolar geometris, meningkatkannya dengan serangkaian lekukan halus. Untuk mencapai tujuan ambisius ini, bahan baku seperti kayu sangat penting.

Konsol Infinity telah dianugerahi Silver dalam A' Furniture Design Award pada tahun 2024. Silver A' Design Award merupakan penghargaan untuk desain-desain terkemuka, kreatif, dan profesional yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain-desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang indah, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Cesare Arosio
Kredit Gambar: Photographer Vincenzo Caccia
Anggota Tim Proyek: Cesare Arosio
Nama Proyek: Infinity
Klien Proyek: Laurameroni Design Collection


Infinity IMG #2
Infinity IMG #3
Infinity IMG #4
Infinity IMG #5
Infinity IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang