All Here: Platform Sosial Virtual untuk Memelihara Hubungan Jarak Jauh

Menghadapi tantangan komunikasi jarak jauh

Komunikasi jarak jauh seringkali menjadi tantangan bagi hubungan intim. Jarak yang jauh, perbedaan waktu, dan situasi lockdown akibat pandemi mengurangi kesempatan berkomunikasi secara langsung, sehingga hubungan menjadi kurang efektif dan stabil. Untuk mengatasi hal ini, Chengbo Li dan Huicong Hu menciptakan All Here, sebuah platform sosial virtual yang berfokus pada menciptakan suasana sosial yang realistis melalui gambar-gambar virtual dan ruangan virtual.

All Here adalah platform daring yang bertujuan membantu pengguna mempertahankan hubungan intim jarak jauh dengan menciptakan suasana sosial dengan nuansa realisme melalui gambar-gambar virtual dan ruangan virtual. Aplikasi ini didasarkan pada elemen-elemen yang diperlukan untuk mempertahankan hubungan intim dan membentuk kerangka keseluruhan yang meliputi ekspresi emosional, interaksi gerakan, tugas-tugas bersama, dan kenangan interaktif.

Dalam All Here, pengguna dapat mengundang teman-teman mereka untuk membuat ruangan intim dengan tipe hubungan yang berbeda. Ruangan-ruangan ini akan ditampilkan di halaman utama. Pengguna dan teman mereka dapat membuat avatar mereka sendiri yang akan muncul di ruangan untuk mensimulasikan situasi mereka dengan teman mereka.

Di halaman utama, pengguna dapat mengunggah jadwal mereka sendiri dan melihat jadwal teman-teman lainnya. Aplikasi ini akan menggabungkan jadwal teman-teman pengguna di ruangan tersebut dan menampilkan jadwal tersebut dalam format visual, sehingga pengguna lain dapat dengan mudah melihat waktu luang yang sama antara teman-teman.

Pada saat yang sama, pengguna dapat mengunggah suasana hati mereka dan menampilkannya bersama dengan avatar mereka. Dengan mengklik gambar teman, pengguna dapat mengobrol dengan mereka, berinteraksi secara simbolis, melihat tugas-tugas bersama, dan mengakses halaman pribadi mereka.

Saat berinteraksi dengan teman, pengguna dapat membuat simbol-simbol mereka sendiri, seperti bergetar tiga kali untuk melambangkan rindu, atau berbagi detak jantung mereka. Teman pengguna akan menerima detak jantung dan musik yang sesuai.

Pengguna juga dapat mengklik avatar teman mereka untuk masuk ke halaman pribadi teman tersebut. Di halaman pribadi, pengguna dapat membuat tugas-tugas bersama, atau melihat koleksi kenangan interaksi teman-teman.

All Here dirancang khusus untuk sistem iOS. Dalam proses perancangannya, Chengbo Li dan Huicong Hu menggunakan metode desain berpusat pada pengguna. Mereka melakukan wawancara situasional dengan pengguna target untuk mengekstrak kebutuhan desain. Selain itu, metode evaluasi heuristik digunakan untuk mengukur pengalaman pengguna, dan desain disesuaikan dan dioptimalkan berdasarkan hasil evaluasi tersebut.

All Here adalah solusi baru untuk mempertahankan hubungan intim jarak jauh di tengah pandemi. Aplikasi ini tidak hanya mengandalkan teknologi untuk menyediakan platform sosial bagi pengguna, tetapi juga berfokus pada pengalaman emosional selama interaksi pengguna. Dengan demikian, All Here memberikan ide desain baru untuk desain sosial bergerak. Pada tahun 2022, All Here memenangkan penghargaan Iron di A' Mobile Technologies, Applications and Software Design Award. Penghargaan ini diberikan kepada karya-karya yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Harbin Institute of Technology, Shenzhen
Kredit Gambar: Harbin Institute of Technology, Shenzhen
Anggota Tim Proyek: Student: Chengbo Li Faculty: Huicong Hu
Nama Proyek: All here
Klien Proyek: Harbin Institute of Technology, Shenzhen


All here IMG #2
All here IMG #3
All here IMG #4
All here IMG #5
All here IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang