Smart Agriculture: Membangun Masa Depan Pertanian yang Cerdas

Desain Inovatif yang Menggabungkan Teknologi dan Ekologi

Pertanian pintar atau smart agriculture telah menjadi tren terkini dalam pengembangan pertanian yang berkelanjutan. Desain terbaru yang menggabungkan teknologi dan ekologi, seperti yang diusulkan oleh HOS, telah menjadi sorotan dalam upaya membangun masa depan pertanian yang cerdas dan berkelanjutan.

Desain yang diusulkan oleh HOS, dengan nama "Smart Agriculture", memiliki tujuan untuk menciptakan kompleks pertanian yang cerdas dan ramah lingkungan. Inspirasi desain ini berasal dari benih, yang menjadi simbol perkecambahan dan pertumbuhan. Seperti benih yang mengandung informasi kehidupan, kompleks arsitektur inti ini tumbuh dan berkembang dalam kondisi suhu, pencahayaan, dan kelembaban yang tepat.

Desain ini memiliki keunikan yang membedakannya dari desain lainnya. Bangunan-bangunan di area inti kompleks ini seperti empat benih, jalur-jalur di taman ini mewakili tunas yang tumbuh menuju arah terbaik untuk pencahayaan dan udara. Dan bunga-bunga lanskap ini adalah daun-daun baru yang melambangkan kehidupan yang penuh warna. Selain itu, desain ini juga mengadopsi teknologi 5G, big data, dan mesin untuk mencapai penanaman dan pengolahan yang cerdas. Teknologi digitalisasi, parameterisasi, dan prefabrication juga diterapkan untuk mewujudkan desain dan konstruksi yang cerdas. Pengalaman imersif dan interaktif diciptakan untuk tampilan yang cerdas, sementara sistem digitalisasi dan visualisasi memfasilitasi manajemen yang cerdas.

Desain ini juga menggabungkan berbagai fungsi yang mencakup area pengalaman pedesaan masa depan, pusat layanan wisata, museum pertanian, pusat pertukaran budaya, pusat pengolahan produk pertanian, dan dek observasi yang terangkat untuk pemandangan panorama. Fungsi-fungsi ini bersama-sama membentuk kompleks pastoral yang teknologis dan ekologis.

Proyek ini berlokasi di Pizhou, Provinsi Jiangsu, China. Pizhou adalah daerah yang kaya akan sumber daya alam, vegetasi, sistem air, dan taman. Proyek ini dimulai pada April 2021 dan selesai pada tahun 2023. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengembangkan pertanian cerdas yang berorientasi pada masa depan di lahan pedesaan Pizhou Selatan. Dengan memperkenalkan teknologi canggih dalam produksi pertanian, proyek ini diharapkan dapat memberikan lebih banyak peluang kerja dan menarik lebih banyak wisatawan, serta memberikan vitalitas bagi ekonomi lokal.

Desain ini telah diakui dengan penghargaan bergengsi, yaitu Bronze A' Design Award dalam kategori A' City Planning and Urban Design Award pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif dan inovatif yang menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi. Desain ini tidak hanya menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Dengan desain yang menggabungkan teknologi dan ekologi, Smart Agriculture oleh HOS menjanjikan masa depan pertanian yang cerdas, berkelanjutan, dan inovatif. Diharapkan bahwa desain ini dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan pertanian pintar di seluruh dunia, membantu memenuhi kebutuhan pangan yang semakin meningkat sambil tetap menjaga kelestarian lingkungan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: HOS
Kredit Gambar: Niu Dawei, Zhao Zimo
Anggota Tim Proyek: Chief Designer: Cui Peng Design team: Cui Peng, Zhao Zimo, Zhu Yalun, Chen Xiao, Niu Dawei, Zhang Tifei
Nama Proyek: Smart Agriculture
Klien Proyek: HOS


Smart Agriculture IMG #2
Smart Agriculture IMG #3
Smart Agriculture IMG #4
Smart Agriculture IMG #5
Smart Agriculture IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang