Chengdu Hyperlane Park: Inovasi Desain Arsitektur yang Menggabungkan Teknologi dan Seni

Aedas Menciptakan Taman Hyperlane di Chengdu: Sebuah Simfoni Urban yang Menyatu dengan Lingkungan Sekitarnya

Chengdu Hyperlane Park, sebuah proyek arsitektur ritel yang dirancang oleh Aedas, menunjukkan bagaimana perubahan besar dalam kerja, rekreasi, komunikasi, dan perjalanan yang dipicu oleh revolusi internet dan pandemi coronavirus dapat diakomodasi melalui desain arsitektur yang inovatif.

Proyek ini terletak di dekat kampus konservatorium musik di utara. Pengembangan perumahan dan pendidikan melingkupi lingkungan sekitarnya. Terinspirasi oleh ritme dan suara silabik, tim desain memupuk motif musikal ini melalui enam kelompok bentuk arsitektur dan garis fasad yang berbeda. Tata letak yang fluida dari desain memberikan kesatuan bangunan dengan tekstur sekitarnya untuk menonjolkan perpaduan harmonis proyek ini dengan komunitasnya.

Proyek ini memiliki lebar 2,4 KM dengan luas lantai bruto 135,324 m² dan luas tanah 68907,48 m². Bagian utama dari pengembangan ini dialokasikan untuk berbagai bisnis dan fungsi seperti ritel, perumahan dan ruang kreatif. Ruang kreatif dapat diubah menjadi taman skateboard, instalasi seni interaktif atau ruang pertunjukan yang menarik bagi orang-orang dari segala usia untuk memperkaya koridor hijau publik.

Proyek ini dimulai pada Juli 2020 di Chengdu Sichuan, China. Dengan konsep "Hyperlane" untuk menghubungkan orang dan kota, proyek ini menjadi jembatan kontak sosial, dan juga ruang publik urban yang fleksibel yang bereaksi terhadap aktivitas orang. Berdasarkan tujuan ini, proyek ini menjadi organisme urban yang terintegrasi dan tumbuh.

Hyperlane Park terdiri dari 12 plot, melintasi koridor taman langit, menghadap kota dan pintu masuk proyek. Dirancang sebagai koridor lansekap urban yang berkelanjutan sepanjang 2,4 km, jalan setapak langit adalah ruang rekreasi yang membudidayakan dinamika hidup-bekerja. Proyek ini berdekatan dengan konservatorium musik. Terinspirasi oleh ritme dan suara silabik, desain ini memupuk motif musikal ini melalui enam kelompok bentuk arsitektur yang berbeda. Tata letak yang fluida dari desain memberikan kesatuan bangunan dengan tekstur sekitarnya untuk menonjolkan perpaduan harmonis proyek ini dengan komunitasnya.

Desain ini mendapatkan penghargaan Platinum dalam A' City Planning and Urban Design Award pada tahun 2023. Penghargaan A' Design Award Platinum mengakui desain yang luar biasa, istimewa, dan sangat inovatif yang menunjukkan profesionalisme yang tak tertandingi, kejeniusan, dan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Diberikan untuk estetika yang mendefinisikan era, mereka memajukan batas-batas seni, sains, desain, dan teknologi, menunjukkan keunggulan yang melampaui batas dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Aedas
Kredit Gambar: Image #1: Aedas Image #2: Aedas Image #3: Aedas Image #4: Aedas Image #5: Aedas
Anggota Tim Proyek: Designer: Dr. Andy Wen Designer: Dongwei Wang
Nama Proyek: Chengdu Hyperlane Park
Klien Proyek: Aedas


Chengdu Hyperlane Park IMG #2
Chengdu Hyperlane Park IMG #3
Chengdu Hyperlane Park IMG #4
Chengdu Hyperlane Park IMG #5
Chengdu Hyperlane Park IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang