Chalets Dada: Menggabungkan Keindahan dan Keanggunan di Pegunungan Faraya

Desain Arsitektur yang Menggabungkan Bentuk Geometris dan Interaksi dengan Alam

Chalets Dada, sebuah proyek arsitektur yang dirancang oleh Joy Alexandre Harb, menawarkan pengalaman tinggal yang unik di pegunungan Faraya, Lebanon. Dengan inspirasi dari bentuk rumah anak-anak, desain bangunan ini berhasil merangkum kebutuhan klien dan aturan kota.

Chalets Dada, yang terletak di pegunungan Faraya Resorts di Lebanon, adalah simbol keindahan dan keanggunan. Desain bangunan ini dikembangkan berdasarkan lantai dasar yang memuat satu apartemen besar yang dikelilingi oleh tempat tidur bunga. Lantai pertama dan loteng rumah ini memiliki dua duplex unik yang dipasangi batu Terrazzo.

Desain bangunan ini adalah serangkaian bentuk geometris sederhana dengan permainan antara padat dan kosong serta material. Dengan jendela berukuran besar, lantai dasar memiliki keuntungan berinteraksi dengan alam, dengan taman seluas 400m2 yang terlihat dari setiap ruangan di apartemen. Sedangkan dua duplex lainnya, berkat posisi mereka yang tinggi di bangunan, memiliki pemandangan unik ke pegunungan bersalju Faraya.

Pilihan campuran batu alam mekanis yang menutupi jendela berukuran besar dan berakhir dengan pola kayu padat yang berulang memungkinkan kami untuk menyematkan detail elektromekanis ke dalam finishing. Bangunan ini memiliki tiga lantai dan basement, menampung satu unit perumahan tunggal dan dua duplex. Setiap lantai memiliki area terbangun 220m2 termasuk dinding eksternal yang setara dengan 880m2 area terbangun total untuk bangunan.

Proyek ini dimulai pada Februari 2022 dan akan selesai pada November 2024 di pegunungan Faraya, Lebanon. Penelitian awal dilakukan oleh surveyor lokal tentang jenis apartemen yang dibutuhkan di area tersebut, permukaan yang paling diminati di pasar, berapa banyak orang yang dapat ditempatkan dan sejauh mana kita bisa pergi dengan kemewahan finishing untuk menjual apartemen secepat mungkin. Studi ini membawa kami untuk menciptakan tiga apartemen dengan properti yang berbeda dan unik untuk memenuhi semua selera.

Tantangan terbesar dalam proyek ini adalah kondisi cuaca yang sangat keras di area tersebut dan desain modern bangunan dengan jendela besar. Kami harus menciptakan detail yang disesuaikan yang tidak akan mengubah bentuk bangunan dan mencari material berkinerja tinggi untuk menahan kondisi eksterior. Desain geometris dasar terinspirasi oleh coretan anak-anak ketika dia diminta untuk membuat rumah. Eksperimen antara padat, kosong, dan material dilakukan untuk mendapatkan hasil akhir.

Desain ini telah memenangkan penghargaan Silver di A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2022. Penghargaan Silver A' Design Award diberikan kepada desain yang kreatif, luar biasa, dan menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknisnya yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Joy Alexandre Harb
Kredit Gambar: Image #1: Monolit Studio visual artists, chalets Dada perspective view, 2022 Image #2: Monolit Studio visual artists, chalets Dada perspective view day, 2022 Image #3: Monolit Studio visual artists, chalets Dada perspective view night, 2022 Image #4: Monolit Studio visual artists, chalets Dada perspective view closeup, 2022 Image #2: Monolit Studio visual artists, chalets Dada front view, 2022
Anggota Tim Proyek: Architect: Joy Alexandre Harb Architect: Yanna Haddad Visualization Artist: Atelier Monolit Structural Engineers: P.A.R Consultants Electrical and Mechanical Engineers: W.T.A Associates
Nama Proyek: Chalets Dada
Klien Proyek: Joy Alexandre Harb


Chalets Dada IMG #2
Chalets Dada IMG #3
Chalets Dada IMG #4
Chalets Dada IMG #5
Chalets Dada IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang