Aimbere Residence: Menghubungkan Desain Kontemporer dengan Budaya dan Alam

Sebuah Bangunan Hunian yang Inovatif di Guarapuava, Brasil

Sebagai proyek pertama kami di negara bagian Paraná, Brasil, kami mencari inspirasi dari budaya daerah, budaya suku Tupi-Guarani, dan alam sekitarnya untuk menghasilkan sebuah karya yang tidak hanya menonjol dalam desainnya, tetapi juga terhubung dengan sejarah dan ruang tempatnya.

Aimbere Residence adalah sebuah bangunan hunian dengan lima belas lantai yang terletak di Guarapuava, sebuah kota di negara bagian Paraná, Brasil. Nama "Aimbere" dalam bahasa Tupi-Guarani, bahasa suku Indian di wilayah selatan Brasil, berarti "seseorang yang berputar". Bangunan ini mencerminkan dinamika dan gerakan alam dengan arsitektur kontemporer.

Pilihan untuk menghasilkan produk hunian yang berbeda telah menjadi keyakinan pengembang dan firma arsitektur sejak studi awal mereka. Secara volumetrik, bangunan ini terdiri dari monolit vertikal besar di mana balkon-balkonnya memiliki sumbu yang tergeser, memberikan sensasi yang berputar. Dalam hal distribusi penggunaan, semua tempat parkir dan sebagian besar area teknis bangunan ini terletak di bagian belakang bangunan, membebaskan area depan untuk ruang-ruang kondominium seperti ruang pesta yang dihias dan berperabotan, pusat kebugaran dengan peralatan modern dan berkualitas tinggi, tempat bermain anak-anak, dan perapian luar ruangan. Konsep ini tercermin dalam penekanan besar-besaran menara di situs ini, memberikan akses yang indah dan berjemur di taman.

Dalam proyek ini, kami memilih teknik, teknologi, dan bahan yang umum digunakan di daerah tersebut, memudahkan transportasi dan pelaksanaan pekerjaan. Kami menggunakan sistem struktural beton bertulang, dinding bata, dan penyelesaian dengan ubin dan cat pada fasad.

Proyek ini terdiri dari bangunan hunian dengan 15 lantai. Sebelas lantai di antaranya adalah lantai-lantai tipikal, dengan dua apartemen per lantai: satu menghadap ke timur laut menghadap jalan, dengan dua kamar tidur utama dengan total luas 83 meter persegi, dan yang lainnya menghadap ke barat daya dengan tiga kamar tidur utama dengan total luas 104 meter persegi. Dua lantai terakhir memiliki apartemen duplex terbalik, dengan area sosial dan akses di lantai atas, dan area pribadi di lantai bawah, dengan total luas 152 meter persegi untuk apartemen depan, dan 178 meter persegi untuk apartemen belakang. Lantai pertama dan kedua mencakup area sosial bangunan, dengan aula, ruang kebugaran, ruang pesta, taman bermain anak-anak, dan ruang bermain, dengan total luas 520 meter persegi, serta area parkir dengan total luas 816 meter persegi. Luas tanahnya adalah 874 meter persegi, dan total luas bangunan adalah 3861 meter persegi.

Proyek ini menonjol baik dalam desain arsitektur, yang mencari solusi inovatif yang bisa terhubung dengan sejarah dan lingkungan sekitarnya, maupun dalam kualitas ruang internal yang dirancang, dengan hunian yang nyaman dan ruang kondominium berstandar tinggi.

Aimbere Residence adalah hasil dari analisis mendalam terhadap kendala-kendala lokasi, seperti topografi, orientasi matahari, dan pemandangan menarik, serta peraturan-peraturan urban kota tersebut. Kami juga mempelajari budaya, sejarah, dan teknik-teknik lokal untuk mengembangkan konsep arsitektur kami. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menciptakan proyek arsitektur yang inovatif dan nyaman bagi penggunanya, sambil tetap menghormati lingkungan dan budaya daerah.

Tantangan dari proyek ini adalah mencari arsitektur yang inovatif, tetapi tidak mengabaikan lingkungan dan budaya daerah. Tata letak apartemen juga menjadi poin penting, karena penting untuk menyediakan lingkungan yang nyaman bagi calon penghuni.

Aimbere Residence adalah bukti bahwa desain kontemporer dapat terhubung dengan budaya dan alam sekitarnya. Dengan menggabungkan inovasi arsitektur dengan kebutuhan pengguna, proyek ini menawarkan hunian yang nyaman dan ruang kondominium yang berkualitas tinggi.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Torres Arquitetos
Kredit Gambar: Vista CG Studio Triverum
Anggota Tim Proyek: Architecture: Torres Arquitetos Team Members: Alberto Torres, Carolina Torres, Pedro Plentz, Felipe Matte, Christian Rupp, Graciela Sanhudo Constructor: Mendes & Faria
Nama Proyek: Aimbere Residence
Klien Proyek: Torres Arquitetos


Aimbere Residence IMG #2
Aimbere Residence IMG #3
Aimbere Residence IMG #4
Aimbere Residence IMG #5
Aimbere Residence IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang