Yuan Tai Qian: Menggabungkan Seni dan Filsafat dalam Desain

Desain Pusat Penjualan oleh Mu-Chin Chiang: Menyimbolkan Kehidupan yang Menyenangkan dan Penuh

Yuan Tai Qian, sebuah pusat penjualan yang dirancang oleh Mu-Chin Chiang, merupakan perpaduan antara seni, arsitektur, dan filsafat. Desain ini mengambil inspirasi dari hexagram Qian dalam klasik filsafat Cina kuno, I Ching, dan menggabungkan elemen-elemen tersebut dalam bentuk yang modern dan elegan.

Proyek ini diberi nama 'Qian', yang berasal dari hexagram kelima belas dalam I Ching. Hexagram Qian terdiri dari kombinasi garis-garis patah dengan panjang yang berbeda-beda, dengan trigram bawah yang merujuk pada gunung dan trigram atas yang berarti bumi. Mengambil inspirasi dari komposisi hexagram dari potongan garis dengan panjang yang berbeda, interior ini mewarisi kombinasi linier dan geometris, menumpuk garis kontur dalam perpindahan yang bervariasi; ritme dinamis digambarkan antara pola kosong dan padat.

Lokasi bangunan perumahan ini berada di belakang taman kota, dipenuhi dengan pemandangan hijau yang melimpah dan suasana literati. Mengikuti visi korporat pembangun dan keuntungan sekitarnya, konsep desain berasal dari kata Cina Qian, yang merujuk pada kebajikan kerendahan hati dalam budaya Timur. Mengerti bahwa pusat penjualan ini mewakili identitas korporat pembangun dan persona publik, desain eksterior dan interior berada dalam kesatuan yang harmonis.

Tanpa bahan-bahan yang mewah, proyek ini imbuh dengan suasana literati oriental, yang berakar kuat dengan nada filosofis, hanya dibangun dalam bentuk minimal: garis dan lingkaran. Baik warna maupun bentuk menyampaikan nilai inti dari properti, mempertahankan kualitas yang mendalam.

Di dalam budaya Cina, bentuk lingkaran melambangkan kesempurnaan, keutuhan sempurna, atau kebaikan yang lengkap. Dipadukan dengan susunan linier yang teratur, lingkaran yang tumpang tindih membentuk identitas artistik untuk pusat penjualan ini. Baik warna maupun bentuk menyampaikan nilai inti dari proyek properti perumahan ini, mempertahankan kualitas yang mendalam.

Pusat penjualan ini adalah bangunan sementara. Mengingat aspek ramah lingkungan, baik eksterior maupun interior menghindari kombinasi material yang berlebihan. Sebaliknya, warna-warna sederhana dan furnitur kayu veneer merajai seluruh ruang, mengurangi kesulitan pembongkaran di masa depan.

Desain ini telah dianugerahi Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2022. Penghargaan A' Design Award Bronze diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang memperlihatkan pengalaman dan kelihaian. Diakui karena menggabungkan praktek terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Yuan Tai Qian adalah contoh sempurna bagaimana desain dapat menjadi lebih dari sekadar estetika. Dengan menggabungkan elemen-elemen seni, arsitektur, dan filsafat, Mu-Chin Chiang telah menciptakan sebuah ruang yang tidak hanya indah, tetapi juga penuh makna dan tujuan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Mu-Chin Chiang
Kredit Gambar: Andy's Photography
Anggota Tim Proyek: Mu Chin, Chiang
Nama Proyek: Yuan Tai Qian
Klien Proyek: Mu-Chin Chiang


Yuan Tai Qian IMG #2
Yuan Tai Qian IMG #3
Yuan Tai Qian IMG #4
Yuan Tai Qian IMG #5
Yuan Tai Qian IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang