Impresi Donglai Jianyang: Menyelami Karya Peng Xiaohua

Sebuah Pusat Kebudayaan yang Mencerminkan Warisan dan Inovasi

Pusat Kebudayaan Donglai Jianyang, sebuah karya monumental dari Peng Xiaohua, menggabungkan elemen-elemen tradisional dan modern untuk menciptakan ruang yang mencerminkan budaya dan sejarah setempat.

Proyek ini terletak di Kota Jianyang, Provinsi Sichuan, China, dengan total luas tanah sekitar 450 mu dan luas bangunan sekitar 198.000 meter persegi. Dengan menggabungkan tekstur jalan batu, kipas lipat, dan pola bordir terkenal, Peng Xiaohua berhasil menciptakan ruang pusat kebudayaan yang berat namun elegan. Galeri seni, dengan penggunaan kertas putih dan bambu, mengekspresikan kesederhanaan dan kemurnian seni, dengan harapan dapat memperluas pemikiran orang tanpa batasan ruang.

Proyek ini dirancang untuk menciptakan ruang hijau perkotaan yang penuh dengan rasa Shu, kompleks arsitektur budaya kuno Shu, dan tanda tanah perkotaan warga yang multifungsi dan tiga dimensi. Dengan mengekstrak konteks budaya simbol, desain ini menciptakan perasaan integrasi budaya dan ruang.

Material yang digunakan untuk aula budaya adalah kaca LOW-EB berlubang dengan ketebalan yang berbeda, yang tidak hanya memberikan kinerja isolasi suara dan pencahayaan yang lebih baik, tetapi juga memiliki kinerja isolasi termal yang baik dan menghemat konsumsi energi. Aula multifungsi menggunakan reflektor dan speaker suara, dengan refleksi terutama untuk memperpendek perbedaan jalur suara antara suara refleksi dan suara langsung. Difusi dilakukan untuk membuat aula memiliki lapangan suara yang seragam dan efek suara yang baik.

Proyek ini juga menghadirkan tantangan dalam merancang berdasarkan komposisi ruang setiap paviliun dan lokalitas serta budaya setempat. Elemen budaya perlu diterapkan ke dalam bangunan. Kesulitan terbesar adalah ekspresi ruang dan ketegangan elemen, sehingga orang bisa merasakan resonansi budaya.

Proyek ini dimulai pada April 2019 dan selesai pada Desember 2019. Dengan tema "mencari rasa", proyek ini mencakup pusat kebudayaan, galeri seni, dan museum. Dalam desainnya, alam dan budaya bertabrakan, membuat orang merasakan rasa kasar dan integrasi tradisi dan modernitas, sehingga membentuk resonansi dan persepsi.

Desain ini telah memenangkan Penghargaan Desain A' Perunggu dalam kategori Desain Ruang Interior, Ritel, dan Pameran pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang menunjukkan pengalaman dan sumber daya. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Peng Xiaohua, Chen Qi, Deng Juan
Kredit Gambar: Peng Xiaohua
Anggota Tim Proyek: Peng Xiaohua
Nama Proyek: Jianyang Donglai Impression
Klien Proyek: Peng Xiaohua, Chen Qi, Deng Juan


Jianyang Donglai Impression IMG #2
Jianyang Donglai Impression IMG #3
Jianyang Donglai Impression IMG #4
Jianyang Donglai Impression IMG #5
Jianyang Donglai Impression IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang