Desain Cinta: Menggabungkan Seni, Arsitektur, dan Teknologi

Ching Yu Chen Menciptakan Gereja Multifungsi dengan Inspirasi dari Kasih Tuhan

Proyek desain interior yang menggabungkan estetika, fungsi, dan teknologi, menciptakan ruang yang dapat digunakan oleh berbagai kelompok usia dan untuk berbagai kegiatan.

Ching Yu Chen, seorang desainer interior terkenal, telah menciptakan sebuah gereja yang unik dan multifungsi, yang diberi nama "Love". Desain ini terinspirasi oleh ayat Alkitab, "Kita mencintai karena Allah lebih dulu mencintai kita" (Yohanes 4:19). Chen berharap untuk menggunakan ruang sebagai medium untuk menggabungkan aplikasi material alam dengan teknik desain yang hangat dan tanpa jarak, untuk menyampaikan kohesi lintas etnis antara orang-orang, cinta yang tak terlihat dan abstrak.

Proyek ini menampilkan berbagai unit dengan definisi multifungsi. Misalnya, aula utama adalah tempat anggota gereja berkumpul pada akhir pekan, tetapi berfungsi sebagai pusat perawatan lansia pada hari kerja. Aula sekunder menyediakan ruang bagi kaum muda untuk berkumpul pada akhir pekan, tetapi dapat digunakan sebagai gym dan untuk latihan tari dan bersosialisasi pada hari kerja.

Desain ini diwujudkan dengan fokus pada konstruksi kedap suara yang tidak akan mengganggu tetangga. Oleh karena itu, konstruksi mengadopsi bahan peneduh suara seperti papan penghalang suara langit-langit aluminium, papan serat kayu, gril berongga plastik-kayu ramah lingkungan, dan papan busa penyerap suara tahan api untuk memperkuat penyerapan, disipasi, konduksi, dan efek kedap suara.

Proyek ini berlokasi di Beitun, Taichung, Taiwan, dan dimulai pada Oktober 2018 dan selesai pada Juni 2019. Dalam merancang proyek ini, Chen menghadapi tantangan bagaimana cara membatasi suara yang besar dari kerumunan dan alat musik, mengingat lokasi proyek berada di lantai B1 sebuah bangunan perumahan. Namun, dengan penelitian dan perencanaan yang cermat, tantangan ini berhasil diatasi.

Desain ini telah memenangkan Penghargaan Desain A' Iron dalam kategori Interior Space, Retail and Exhibition Design pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Mereka dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Ching Yu Chen
Kredit Gambar: Main Image:Chun Shen Yang,2022 Optional Image #1:Chun Shen Yang,2022 Optional Image #2:Chun Shen Yang,2022 Optional Image #3:Chun Shen Yang,2022 Optional Image #4:Chun Shen Yangn,2022
Anggota Tim Proyek: Ching yu Chen Chi yi Weng
Nama Proyek: Love
Klien Proyek: Ching Yu Chen


Love IMG #2
Love IMG #3
Love IMG #4
Love IMG #5
Love IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang