Pusat Visi Positif: Membentuk Masa Depan Kesehatan Mata

SDG Strategico Design Group Menciptakan Inovasi dalam Praktik Kesehatan Mata dengan Pendekatan Positif

SDG Strategico Design Group telah menciptakan sebuah revolusi dalam dunia kesehatan mata dengan merancang Pusat Visi Positif, sebuah pusat kesehatan mata pertama di Meksiko yang mengintegrasikan prinsip-prinsip Kesehatan Positif dalam desain dan layanannya.

Pusat Visi Positif bukan hanya sebuah klinik mata biasa. Dengan mengambil inspirasi dari konsep Kesehatan Positif yang menekankan pada enam faktor gaya hidup positif, SDG Strategico Design Group telah menciptakan sebuah ruang yang mendorong keseimbangan, harmoni, dan kesejahteraan. Dengan memahami kebutuhan dan titik nyeri baik dokter maupun pasien, mereka menciptakan ruang yang holistik dan menenangkan.

Salah satu prinsip utama yang digunakan dalam desain Pusat Visi Positif adalah prinsip desain biophilic, yang melibatkan penggabungan elemen-elemen alam seperti tanaman dan bentuk-bentuk alam ke dalam ruang bangunan. Pendekatan ini sejalan dengan enam prinsip Kesehatan Positif, mendukung fungsi kognitif, kesehatan fisik, dan kesejahteraan psikologis. Dengan menggabungkan Kesehatan Positif dan oftalmologi, mereka telah menciptakan pendekatan unik dan inovatif terhadap kesehatan yang mengutamakan kesehatan dan kesejahteraan pasien secara keseluruhan.

Pusat Visi Positif menawarkan pendekatan unik terhadap kesehatan melalui pemahamannya tentang Kesehatan Positif. Pusat ini menggabungkan desain biophilic, menampilkan lebih dari 30 tanaman yang mempromosikan kesehatan dan secara alami membersihkan dan meningkatkan kualitas udara. Layoutnya ergonomis, memberikan pasien dan dokter kemudahan dan gerakan tanpa hambatan melalui garis-garis melengkung dan bentuk-bentuk yang ditekankan. Salah satu fitur unik dari Pusat ini adalah Future Hallway, yang merubah pikiran pasien melalui informasi dan bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan gaya hidup mereka.

Untuk mencapai komposisi yang higienis, mereka telah menggabungkan stainless steel dan Corian ke dalam desain. Stainless steel mudah dibersihkan dan tahan terhadap kotoran dan kontaminan eksternal, sementara Corian sangat tahan terhadap pertumbuhan jamur atau bakteri. Fitur-fitur ini memastikan bahwa fasilitas mereka tidak hanya menarik secara visual tetapi juga mudah dipelihara, dengan fokus pada kebersihan dan kemurnian.

Salah satu tantangan utama adalah memulai proyek selama era Covid-19 karena mereka perlu merancang ruang yang aman bagi pasien, dokter, dan staf kantor. Untuk memastikan ketenangan, mereka mengumpulkan masukan dari berbagai pemangku kepentingan dan menemukan bahwa pasien lebih memilih ruang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Oleh karena itu, mereka merancang ruang di mana sebagian besar ruangan adalah udara terbuka sambil memastikan bahwa tiga ruang pemeriksaan tetap benar-benar pribadi.

Proyek ini mengubah kantor oftalmologi dari lingkungan yang menegangkan menjadi suasana yang sepenuhnya organik dan harmonis, di mana ruang berbicara untuk dirinya sendiri dan dapat dieksplorasi dengan bebas. Dengan menciptakan suasana yang menyambut, pasien merasa lebih nyaman dan lebih cenderung proaktif tentang kesehatan mereka, pada akhirnya membantu mencegah penyakit.

Strategico Design Group (SDG), bekerja sama dengan Pusat Visi Positif di Meksiko, telah merancang fasilitas kesehatan pertama di dunia yang membayangkan kembali bagaimana praktik dan pengiriman medis dilakukan. Dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Kesehatan Positif, desainer telah mengembangkan ruang yang mempromosikan pandangan holistik tentang kesehatan, memberikan harmoni, keseimbangan, dan kesejahteraan bagi pasien dan dokter melalui desain yang unggul.

Desain ini telah memenangkan Silver A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Silver A' Design Award diberikan kepada desain yang luar biasa, kreatif, dan profesional yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain-desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: SDG Strategico Design Group- MBO Arquite
Kredit Gambar: Photographer Alvaro Ochoa
Anggota Tim Proyek: Creative Director: Montserrat Esparza Designer: Fernanda Arévalo Designer: Alejandra Mexia Graphic designer: Tania Ehrsam Architect: Alvaro Ochoa
Nama Proyek: Positive Vision Center
Klien Proyek: SDG Strategico Design Group- MBO Arquite


Positive Vision Center IMG #2
Positive Vision Center IMG #3
Positive Vision Center IMG #4
Positive Vision Center IMG #5
Positive Vision Center IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang