Ballerina: Meja Kerja yang Elegan dan Ergonomis

Desain yang Menggabungkan Keindahan dan Fungsi

Sepehr Mehrdadfar, seorang desainer terkenal asal Iran, telah menciptakan meja kerja inovatif yang diberi nama Ballerina. Terinspirasi oleh gerakan lembut dan keseimbangan seorang penari balet, meja ini menggabungkan keindahan dan fungsi dalam desainnya.

Meja kerja adalah salah satu perabotan yang paling penting dalam ruang kantor. Penggunaan meja kerja ini sangat luas, terutama dalam ruang kantor terbuka dan ruang kantor bersama. Kehadiran banyak meja kerja ini dalam ruang kantor mempengaruhi bentuk dan fungsi meja tersebut terhadap suasana dan kualitas ruang. Ballerina hadir untuk meningkatkan kualitas ruang kerja bagi individu dan kelompok pengguna.

Ballerina hadir dalam modul ganda. Setiap modul terdiri dari dua basis (silinder berongga yang memberikan akses ke jaringan listrik di lantai) dan balok utama (balok ini menghubungkan modul-modul tersebut dan menjadi jalur jaringan listrik antar modul) serta dua lembaran logam melengkung dan sebuah pelat. Pelat tersebut terbuat dari kayu atau kaca dan berfungsi sebagai permukaan kerja. Semua bagian ini terhubung dengan baut, sehingga jenis koneksi ini memungkinkan perakitan dan pembongkaran Ballerina. Struktur pusat memungkinkan Ballerina untuk dengan mudah diperluas secara linear dalam modul ganda, sementara jenis koneksi dan hubungan antar modul (dan dengan lantai) memungkinkan semua modul terhubung ke jaringan listrik di gedung sebagai sistem terintegrasi.

Desain meja ini mempertimbangkan standar ergonomi sehingga menciptakan pengalaman yang nyaman bagi pengguna. Selain keindahan dan ergonomi, Ballerina memiliki kemampuan tinggi dalam hal instalasi, koordinasi dengan lingkungan dan pengguna, koneksi ke instalasi listrik dan jaringan, pergerakan, dan variasi dalam tata letak.

Proyek ini dimulai pada Februari 2022 dan selesai pada April 2022 di Tehran, Iran. Ballerina merupakan hasil dari penelitian yang mendalam tentang kebutuhan pengguna dalam ruang kerja dan bagaimana desain meja kerja dapat meningkatkan kualitas ruang tersebut.

Ballerina telah meraih penghargaan Bronze dalam A' Design Award 2023 kategori Desain Perabot Kantor. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif dan inovatif yang memberikan pengalaman dan kecerdasan yang otentik. Ballerina diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Ballerina adalah bukti nyata bahwa desain yang indah dan fungsional dapat menciptakan ruang kerja yang lebih baik dan menginspirasi pengguna untuk mencapai keseimbangan dan keindahan dalam pekerjaan mereka.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Sepehr Mehrdadfar
Kredit Gambar: Naghmeh Jahani, Roozbeh Maleki
Anggota Tim Proyek: Sepehr Mehrdadfar
Nama Proyek: Ballerina
Klien Proyek: Sepehr Mehrdadfar


Ballerina IMG #2
Ballerina IMG #3
Ballerina IMG #4
Ballerina IMG #5
Ballerina IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang