Airy: Meja Kerja Desainer yang Adaptable dan Unik

Sebuah Inovasi Meja Kerja yang Menggabungkan Fungsionalitas dan Estetika oleh Ivana Wingham

Seiring ruang studio menjadi semakin fleksibel, baik secara fisik maupun virtual, meja kerja menjadi penanda identitas tempat desain. Airy, sebuah meja kerja yang dirancang oleh Ivana Wingham, hadir sebagai solusi yang menawarkan mobilitas, fungsionalitas, adaptabilitas, dan desain yang unik.

Meja kerja Airy dirancang dengan konsep yang memadukan ruang kerja dan meja kerja menjadi satu. Dengan bentuk meja yang melengkung, Airy dapat mengelilingi tubuh penggunanya, menciptakan ruang kerja yang nyaman dan efisien. Keunikan lain dari Airy adalah desainnya yang ringan dan transparan, memungkinkan pengguna untuk melihat latar belakang meja dengan jelas. Keempat sisi meja ini dirancang dengan unik, membuatnya dapat dengan mudah disesuaikan di berbagai tempat.

Proses pembuatan meja kerja Airy menggabungkan teknik modernis tradisional dengan presisi gambar digital untuk setiap elemen konstruksi. Teknik ini memungkinkan pembuatan gambar produksi akhir dengan skala 1:1, sementara proses perakitan dan pembongkaran meja dapat dilakukan dengan cepat. Material yang digunakan adalah veneer ash yang ditekan antara dua bagian press khusus. Sementara itu, dukungan dan kaki meja dibuat dari batang logam berongga yang diletakkan di atas penyangga berongga.

Desain Airy tidak hanya unik dan fungsional, tetapi juga responsif terhadap perubahan ruang kerja saat ini. Dengan desain dan gambar detil yang akurat, Ivana Wingham berhasil menciptakan prototipe unik yang menggabungkan desain khusus dengan proses perakitan dan pembongkaran yang cepat. Meski Airy adalah prototipe, ada peluang untuk mengubah opsi tanpa mengubah karakteristik desainnya.

Proyek desain Airy dimulai pada tahun 2019 di London dan selesai pada tahun 2021 di Serbia. Meski menghadapi tantangan dalam pembuatan press untuk meja dan pemilihan material veneer, Ivana Wingham berhasil mengatasi tantangan tersebut dan menciptakan meja kerja yang tidak hanya fungsional, tetapi juga estetis.

Sebagai pengakuan atas inovasi dan keunikan desainnya, Airy berhasil meraih penghargaan Iron dalam A' Office Furniture Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan untuk kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Ivana Wingham
Kredit Gambar: Image No 1: Designer/Architect, Ivana Wingham; Photographer, Marko Poplasen; Manufacturer, Milan Zivkovic; Airy Front And Right Side View, 2021. Image No 2: Designer/Architect, Ivana Wingham; Photographer, Marko Poplasen; Manufacturer, Milan Zivkovic; Airy Left And Front Side View, 2021. Image No 3: Designer/Architect, Ivana Wingham; Photographer, Marko Poplasen; Manufacturer, Milan Zivkovic; Airy Process Of Assembling View Upside Down, 2021. Image No 4: Designer/Architect, Ivana Wingham; Photographer, Marko Poplasen; Manufacturer, Milan Zivkovic; Airy Back Left Side View, 2021. Image No 5: Designer/Architect, Ivana Wingham; Photographer, Marko Poplasen; Manufacturer, Milan Zivkovic; Airy Right Top Side View Detail, 2021.
Anggota Tim Proyek: Ivana Wingham
Nama Proyek: Airy
Klien Proyek: Ivana Wingham


Airy IMG #2
Airy IMG #3
Airy IMG #4
Airy IMG #5
Airy IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang