Inovasi dalam Desain Kursi Kantor: Icloud oleh Koho R and D Team

Meredefinisi Kursi Kantor dengan Estetika Rhythm dan Teknologi Deformasi

Kursi kantor yang dirancang oleh Koho R and D Team, Icloud, membawa inovasi dalam desain dan fungsi kursi kantor dengan menggabungkan estetika rhythm dan teknologi deformasi.

Desain Icloud terinspirasi oleh hukum estetika desain yang tak berubah, yaitu rhythm. Bentuk berlubang yang bertahap pada punggung kursi berasal dari rhythm dan perubahan dari tombol piano dan staff, yang menggabungkan bentuk garis yang halus dengan rasa rhythm. Bentuk ini dapat dengan baik menyesuaikan diri dengan postur kerja yang kompleks dari tubuh manusia.

Yang membedakan Icloud dari kursi kantor lainnya adalah penggantian bentuk jaring tradisional dengan punggung kursi yang lembut dan dapat berubah bentuk. Kombinasi material TPU dan nylon memberikan kursi ini fleksibilitas yang lebih. Gabungan punggung kursi yang lembut dan fungsi ayunan dapat lebih baik menyesuaikan diri dengan perubahan dinamis di punggung selama proses kerja, dan memberikan pengguna pengalaman yang unik.

Kursi ini dibuat dengan bingkai utama dari nylon, dan sandaran belakang dari TPU. Spesifikasi teknisnya adalah lebar 700 mm x kedalaman 700 mm x tinggi 1250 mm. Ketika pengguna condong ke kiri atau kanan, bagian belakang kursi akan mengikuti kemiringan tubuh manusia. Pengguna dapat mencapai pengangkatan lengan kursi melalui tombol di bawah lengan kursi. Bagian belakang kursi dapat dibuang ke belakang, dan sakelar pada rangka dapat dikunci. Bantalan kursi dapat meluncur maju dan mundur, dan disesuaikan sesuai dengan kebiasaan pengguna.

Proyek ini dimulai pada Juni 2020 dan diluncurkan secara resmi pada Juni 2022. Melalui studi tentang pekerjaan dan postur duduk orang, ditemukan bahwa pekerjaan meja jangka panjang akan membuat orang merasa kaku. Punggung kursi konvensional tidak dapat menenangkan punggung karena deformasi yang tidak cukup. Studi telah menemukan bahwa punggung kursi yang lembut dan dapat berubah bentuk lebih membantu untuk relaksasi tubuh manusia.

Untuk mewujudkan kemungkinan deformasi punggung kursi, saat merancangnya, banyak material diuji, dan tidak memenuhi harapan. Akhirnya, material TPU dipilih untuk memastikan bahwa punggung kursi dapat berubah bentuk sesuai dengan kurva punggung tubuh manusia. Desain ini dianugerahi Silver dalam A' Office Furniture Design Award pada tahun 2023. Silver A' Design Award: Diberikan kepada desain yang kreatif, profesional, dan luar biasa yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: KOHO R&D Team
Kredit Gambar: KOHO R&D Team
Anggota Tim Proyek: KOHO R&D Team
Nama Proyek: Icloud
Klien Proyek: KOHO R&D Team


Icloud IMG #2
Icloud IMG #3
Icloud IMG #4
Icloud IMG #5
Icloud IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang