Fit In: Solusi Dinamis untuk Ruang Kerja Terbuka

Desain Partisi dan Sistem Rak yang Inovatif oleh Dogan Can Hatunoglu

Fit In, sebuah solusi partisi dan sistem rak yang inovatif, dirancang oleh Dogan Can Hatunoglu untuk memperkaya dan mendefinisikan ruang kantor dengan dinamis. Dengan inspirasi dari permainan Tetris, desain ini menawarkan fleksibilitas dan fungsi yang tak terbatas.

Fit In diciptakan dengan tujuan menciptakan model yang lebih dinamis untuk partisi yang digunakan di ruang kerja terbuka. Dengan penyebaran area kerja bersama yang semakin pesat saat ini, produk ini dirancang untuk mendukung interaksi, ko-kreasi, dan kerja sama. Oleh karena itu, dibuatlah berbagai modul yang berbeda, dan fungsi rotasi 360 derajat telah digunakan. Bentuk akhir produk, tumpang tindih dari tiga modul utama, dan cara menyentuh tanah terinspirasi dari permainan Tetris.

Fit In adalah sistem partisi dan rak yang dapat dipindahkan, dirancang untuk mendefinisikan dan menambah fungsi di ruang kantor. Tiga modul utama produk ini dapat berputar 360 derajat secara terpisah, bergerak dari satu titik. Gerakan ini disediakan oleh sistem bantalan yang digunakan antara modul. Sementara produk ini dapat digunakan lebih kompak di ruang kantor tradisional, variasi beragamnya dapat menciptakan lingkungan kantor terbuka yang lebih dinamis dan kolaboratif.

Fit In dibuat dengan menggunakan papan serat kepadatan sedang MDF 18mm, lembaran baja 4 mm untuk tujuan pelapisan, dan sistem bantalan bola untuk rotasi. Versi kompak dari desain ini memiliki panjang 176cm, kedalaman 39cm, dan tinggi 122cm. Namun, dimensinya bisa bervariasi sesuai dengan posisi yang berbeda. Selain itu, material, tekstur, dan warna bisa berbeda sesuai dengan area penggunaannya.

Pengguna dapat mengoperasikan produk ini dalam berbagai bentuk. Karena modul produk ini dapat berputar 360 derajat secara terpisah, ada kemungkinan tak terbatas untuk mengoperasikan Fit In. Sementara produk secara keseluruhan dapat digunakan sebagai partisi dan unit rak, semua modul utamanya memiliki fungsi tambahan. Dengan bantuan dimensi yang sesuai, modul terendah juga dapat berfungsi sebagai unit duduk, sementara modul tengah dapat berfungsi sebagai meja, dan modul tertinggi dapat berfungsi sebagai meja tinggi.

Desain partisi dan sistem rak Fit In dimulai dengan ide tentang opsi penentuan ruang dan fungsi yang mungkin untuk kantor terbuka. Pentingnya dapat menyediakan banyak opsi desain dan organisasi dalam satu desain memainkan peran penting. Pada akhirnya, Fit In dan tiga modul utamanya menyajikan sistem partisi dan rak yang dapat berputar dari satu titik, dan menyediakan hampir solusi desain dan organisasi yang tak terbatas untuk lingkungan kantor tradisional dan terbuka. Dalam hal ini, Fit In memungkinkan kolaborasi, ko-kreasi, dan kerja sama dengan bentuk dan fungsi yang fleksibel.

Fit In adalah sistem partisi dan rak yang dapat dipindahkan, dirancang untuk mendefinisikan dan menambah fungsi ke lingkungan kantor. Tiga modul utama produk ini dapat berputar 360 derajat secara terpisah, bergerak dari satu titik. Gerakan ini disediakan oleh sistem bantalan bola yang digunakan antara modul. Sementara Fit In dapat digunakan lebih kompak di ruang kantor tradisional, sifat fleksibelnya dan variasi beragam memungkinkan lingkungan kantor terbuka yang lebih dinamis dan kolaboratif. Material, tekstur, dan warna dapat bervariasi sesuai dengan kebutuhan pengguna dan area penggunaannya.

Desain ini dianugerahi Bronze dalam A' Office Furniture Design Award pada tahun 2021. Bronze A' Design Award diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengesahkan pengalaman dan sumber daya. Terkenal karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Dogan Can Hatunoglu
Kredit Gambar: Image Credits: Dilsa Gunaydin Temel, 2021.
Anggota Tim Proyek: Dogan Can Hatunoglu
Nama Proyek: Fit In
Klien Proyek: Dogan Can Hatunoglu


Fit In IMG #2
Fit In IMG #3
Fit In IMG #4
Fit In IMG #5
Fit In IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang