Yunnan Lijiang Dongcheng International: Pameran Seni Arsitektur dengan Sentuhan Lokal

Desain Unik Xu Liu yang Menggabungkan Gaya Sichuan dan Budaya Lokal

Proyek ini terletak di Lijiang, provinsi Yunnan, tempat matahari bersinar sepanjang tahun dan sebagian besar penduduknya adalah minoritas etnis. Dengan mengintegrasikan budaya lokal ke dalam desain, proyek ini memiliki karakteristik dan temperamen yang unik.

Desainer Xu Liu mengutip inspirasinya dari puisi kuno "Ada jembatan dan pohon pinus di pegunungan, dan ada naga di sungai". Dari sini, ia membangun desainnya dengan menggabungkan gaya Sichuan dan desain regional. Desain ini mencerminkan keunikan dan kekuatan dari proyek ini, yang berbeda dari yang lain.

Elemen-elemen Tiongkok yang elegan seperti rotan dan veneer kayu ditumpuk dengan hati-hati, menyampaikan perasaan kehidupan kuno dan elegan. Material seperti batu Dongde Mining, sanitasi TOTO, veneer kayu Keding, ubin Dongpeng, dan pencahayaan CDN digunakan dalam realisasi desain ini. Proyek ini memiliki dua lantai, dengan tinggi lantai pertama 6000MM dan lantai kedua 4500MM.

Sebagai pusat pameran penjualan real estat, bangunan asli adalah sebuah bangunan komersial. Pusat pameran ini akan diiklankan di media cetak dan media digital perkotaan untuk menarik lebih banyak pelanggan, serta bekerja sama dengan pihak ketiga. Proyek ini dimulai pada 10 Juni 2020 di Yunnan dan selesai pada 30 April 2021.

Salah satu tantangan dalam desain ini adalah bagaimana mendesain proyek untuk memenuhi kebutuhan penggunaan dan standar estetika pelanggan lokal. Sebagai hasilnya, banyak penelitian pasar dilakukan tentang fitur arsitektur dan humanistik lokal, dan berpikir mendalam tentang kemungkinan proyek ini.

Desainer menganggap kembalinya budaya Lijiang sebagai perspektif dan titik awal. Dinding latar belakang aula masuk menggunakan mozaik untuk membentuk peta lanskap abstrak. Di pintu masuk, struktur kayu antik yang menjulang tinggi memberikan momentum luar biasa ke ruang. Atap miring adalah elemen representatif dari arsitektur Tiongkok tradisional. Paviliun air indoor memberikan ruang dengan karakteristik budaya yang lebih kaya. Perangkat grille aluminium menjaga interaksi interior dan eksterior, menyajikan rasa ruang yang alami dan transparan.

Desain ini telah memenangkan penghargaan Silver dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa, dihargai karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Xu Liu
Kredit Gambar: Photographer: HE Chuan from HereSpace
Anggota Tim Proyek: Xu Liu
Nama Proyek: Lijiang Dongcheng International
Klien Proyek: Xu Liu


Lijiang Dongcheng International IMG #2
Lijiang Dongcheng International IMG #3
Lijiang Dongcheng International IMG #4
Lijiang Dongcheng International IMG #5
Lijiang Dongcheng International IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang