Chien-Hwan Wang: Menciptakan Ruang Hidup yang Modern dan Fungsional dengan "Bright Corridor"

Merancang Rumah yang Menyenangkan dengan Sentuhan Modern dan Teknologi Canggih

Chien-Hwan Wang, seorang desainer berbakat, telah menciptakan sebuah rumah yang memadukan estetika modern dan teknologi canggih dalam proyeknya yang berjudul "Bright Corridor".

Chien-Hwan Wang merancang "Bright Corridor" untuk sebuah pasangan pensiunan yang ingin menginstal lift di rumah empat lantai mereka yang berusia lebih dari 25 tahun. Wang mengubah rancangan asli dan merancang ulang rute vertikal, yang tidak hanya menghilangkan kekurangan koridor yang sempit dan gelap, tetapi juga mengatur ulang sudut-sudut untuk memanfaatkan ruang secara maksimal. Untuk mengatasi masalah pencahayaan yang buruk, Wang menciptakan sebuah patio di tengah atap untuk memperkenalkan sinar matahari ke tangga.

Wang memilih biru sebagai warna utama ruang, dengan harapan menciptakan suasana yang tenang dan rendah hati. Dia menggabungkan totem tradisional dan bagian logam dengan berbagai teknik desain untuk mewujudkan lapisan kaya dari bahan yang berbeda dalam nada yang sama. Selain merancang ulang rute vertikal ruang dan memasang lift, area publik juga dirancang dengan rute transparan dan area aktivitas multifungsi. Area pribadi memiliki pencahayaan yang sangat baik di kamar tidur, memungkinkan cahaya matahari yang cukup dan penggunaan ruang yang efisien.

Untuk mewujudkan desain ini, Wang menggunakan berbagai bahan seperti karpet Bolon, ubin, kayu lapis, kayu, beton, layar, logam, dan ubin kaca. Dia menciptakan patio di tengah bangunan dan merencanakannya di atas tangga. Tangga baja tidak hanya memantulkan sinar matahari dari patio, tetapi juga menghilangkan suasana gelap dan dingin dari ruang dan membuat rumah tampak lebih transparan.

Setelah pembuatan patio, klien telah berkali-kali berkomentar bahwa mereka tidak perlu menyalakan lampu saat cuaca cerah dan bahwa mereka dapat merasakan perubahan cuaca dengan lebih baik. Lantai batu yang asli diganti dengan karpet Bolon sehingga klien dapat berjalan-jalan tanpa alas kaki di musim dingin tanpa merasa kedinginan. Ukuran kamar mandi kecil diperbesar hingga tiga hingga empat kali setelah renovasi. Setelah perencanaan ulang, setiap kamar tidur dapat menampung tempat tidur ganda dan ruang ganti.

Proyek ini dimulai dan selesai di Kota Taichung. Dalam penelitian yang mendasari desain ini, Wang tidak hanya menggunakan sudut-sudut sebagai ruang penyimpanan tetapi juga membentuk kembali tata letak dan mengurangi ketidakteraturan kontur bangunan untuk memaksimalkan penggunaan ruang. Dia menciptakan kamar mandi independen yang lebih luas dan berangin. Ruang serbaguna di lantai dua dipisahkan oleh empat pintu geser, yang dapat diperluas sebagai ruang tamu atau ruang belajar.

Desain "Bright Corridor" telah memenangkan Penghargaan Desain A' Iron dalam kategori Ruang Interior, Retail dan Desain Pameran pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Mereka dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi terhadap dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Chien-Hwan Wang
Kredit Gambar: CHIENHWAN associates
Anggota Tim Proyek: Chien-Hwan Wang
Nama Proyek: Bright Corridor
Klien Proyek: Chien-Hwan Wang


Bright Corridor IMG #2
Bright Corridor IMG #3
Bright Corridor IMG #4
Bright Corridor IMG #5
Bright Corridor IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang