Collina del Faro: Menggabungkan Arsitektur dan Alam dalam Harmoni

Alberto Torres Menciptakan Bangunan Hunian yang Menyatu dengan Lanskap Alam

Proyek Collina del Faro, sebuah bangunan hunian yang terinspirasi oleh keindahan alam di kota pesisir Torres-RS, Brasil, menciptakan dialog antara arsitektur dan alam.

Alberto Torres, arsitek yang berbasis di Brasil, telah menciptakan sebuah karya arsitektur yang luar biasa, Collina del Faro. Proyek ini terinspirasi oleh lanskap alam yang mempesona di kota pesisir Torres-RS, Brasil. Bangunan ini dirancang dengan mengutamakan dialog antara arsitektur dan alam, membawa keindahan alam kota pesisir Torres ke dalam apartemen.

Collina del Faro menonjol dengan lantai-lantai yang ditumpuk secara bergantian dalam dua arah, menciptakan rumah-rumah yang tergantung yang lembut menyatu dengan lanskap Bukit Farol. Hasilnya adalah sebuah bangunan yang harmonis dengan lanskap sekitarnya. Bagian dalam apartemen berfungsi sebagai bingkai besar untuk pemandangan luar, memberikan pemandangan laut yang istimewa.

Untuk proyek ini, Torres memilih teknik, teknologi, dan material yang umum digunakan di wilayah pesisir negara bagian Rio Grande do Sul. Sistem struktural beton bertulang digunakan, dengan pengeblokan dinding bata dan pelapis eksternal dengan ubin. Dalam hal materialitas, Torres memilih untuk menggunakan ubin dalam nuansa yang tidak kontras dengan alam. Balkon memiliki penutup keramik format besar dan kaca yang dipertahankan di kolam sebagai penahan air, menjadikan kolam sebagai perpanjangan dari laut.

Proyek ini terdiri dari bangunan hunian yang terletak di lahan seluas 1292m², dengan 6 lantai. Lantai dasar adalah akses lobi dan garasi bangunan dan lantai lainnya adalah apartemen. Bangunan ini hanya memiliki 8 unit eksklusif, 2 per lantai, dengan ukuran mulai dari 280m² hingga 520m². Semua unit memiliki 4 suite, salah satunya adalah suite Master dengan balkon dan bak mandi. Area sosial apartemen menghadap laut, dan terintegrasi dengan balkon yang memiliki kolam renang.

Collina del Faro adalah bangunan hunian dengan 8 apartemen, terletak di lahan di kaki bukit Farol dan di sebelah pantai di kota Torres-RS, di selatan Brasil. Ini adalah bangunan yang memanfaatkan keindahan alam yang ada di sekitarnya untuk mengusulkan dialog antara arsitektur dan alam, yang dicapai melalui penumpukan lantai yang, selain merujuk pada topografi itu sendiri, memungkinkan pembuatan teras dengan kolam dengan pemandangan langsung ke laut untuk setiap apartemen.

Proyek ini telah memenangkan penghargaan Silver di A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, profesional, dan luar biasa yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Torres Arquitetos
Kredit Gambar: Vista CG
Anggota Tim Proyek: Architecture: Alberto Torres Architecture Interior: Sabrina Barros Constructor: Construtora Montebello
Nama Proyek: Collina del Faro
Klien Proyek: Torres Arquitetos


Collina del Faro IMG #2
Collina del Faro IMG #3
Collina del Faro IMG #4
Collina del Faro IMG #5
Collina del Faro IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang