Frozen Splash: Keindahan Membeku dalam Fotografi

Menangkap Keunikan dan Kecantikan dalam Tetesan Teh yang Membeku

Fotografi adalah profesi yang menantang dan membutuhkan banyak keterampilan dan eksperimen. Memperbaiki pencahayaan dan teknis adalah proses yang tak pernah berakhir yang menginspirasi dan memotivasi saya untuk belajar hal baru. Saya selalu terinspirasi dengan fotografi makanan dan minuman yang terbang dari orang-orang seperti Karl Taylor, Ali Arbes, dan lainnya yang juga menginspirasi saya untuk mencobanya sendiri, di mana saya berhasil menciptakan hasil yang unik.

Sesi foto ini adalah sesi eksperimental yang menangkap tetesan teh yang membeku. Hal ini dilakukan dengan menggunakan speedlite flash (Godox V1) di latar belakang untuk membekukan tetesan teh dan kamera Canon 5D M4 beserta lensa Canon 24-70mm. Cangkir-cangkir tersebut diikat dengan tali transparan, yang ketika ditarik menciptakan tetesan yang menakjubkan yang juga dianggap sebagai jenis "Seni secara kebetulan". Menggerakkan tali pada waktu dan arah yang berbeda menciptakan tetesan yang unik yang menghasilkan foto-foto artistik ini.

Foto-foto mentah diambil menggunakan kamera Canon, dan gambar-gambar tersebut kemudian diedit untuk koreksi warna di Adobe Lightroom dan diedit lagi di Adobe Photoshop.

Spesifikasi Desain: File JPEG

Tags Desain: fotografi, air, tetesan, teh, tumpahan, membeku, cairan, minuman, sesi foto

Interaksi Desain: Faktor terpenting dalam sesi ini adalah pengaturan pencahayaan dan waktu rana. Speedlite yang cepat membantu membekukan gerakan dan kecepatan rana menangkapnya tepat waktu. Menentukan waktu rana dengan gerakan cangkir bisa sangat sulit dan kadang-kadang mungkin membutuhkan bantuan orang kedua. Pada tahap ini tidak ada yang benar atau salah, foto yang diambil lebih awal atau lebih lambat juga bisa berbeda dan menghasilkan hasil yang tak terduga.

Lokasi dan Waktu Desain: Proyek ini difoto pada bulan Juli 2020 di Kuwait.

Penelitian Desain: Penelitian digital dan kursus online, pengujian terus-menerus, dan percobaan praktis dengan berbagai benda untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tantangan Desain: Menangkap foto pada saat yang tepat, tetesan terjadi dalam sepersekian detik dan menangkapnya pada saat yang tepat dan pada saat yang tepat adalah bagian yang paling menantang dalam sesi ini.

Catatan Desain: Sesi foto ini menampilkan cangkir teh yang ditangkap di udara dengan tetesan teh yang membentuk pola-pola rumit. Perhatian terhadap detail terlihat dalam bentuk-bentuk unik dan estetis yang terbentuk oleh tetesan yang membeku. Kombinasi antara fotografi tradisional dan teknik manipulasi foto menghasilkan tampilan keindahan dan kreativitas yang menakjubkan yang pasti akan memikat dan menginspirasi para penggemar seni dan fotografi.

Kredit Gambar: #1: Fotografer Hassan Taher / Desainer Grafis / Hassan Abdullah Taher / Frozen Splash / 2020 /

Pemberitahuan Kekayaan Intelektual: Hak cipta milik Hassan Taher, 2021

Penghargaan dan Pengakuan: Desain ini memenangkan A' Design Award bergengsi. Desain ini memenangkan Bronze A' Photography and Photo Manipulation Design Award pada tahun 2023. Bronze A' Design Award diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, desain ini menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada perbaikan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Hassan Abdullah Taher
Kredit Gambar: #1: Photographer Hassan Taher / Graphic Designer / Hassan Abdullah Taher / Frozen Splash / 2020 /
Anggota Tim Proyek: Hassan Abdullah Taher
Nama Proyek: Frozen Splash
Klien Proyek: Hassan Abdullah Taher


Frozen Splash IMG #2
Frozen Splash IMG #3
Frozen Splash IMG #4
Frozen Splash IMG #5
Frozen Splash IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang