Menyeberangi Batas Budaya: Toko Buku Multifungsi yang Menggabungkan Estetika Timur dan Barat

Desain Inovatif oleh Xixi Quan, Junming Chen dan Kau Chen Menyajikan Ruang Baca dan Aktivitas Salon yang Nyaman bagi Masyarakat

Di tengah era kecanduan internet, toko buku multifungsi ini berusaha mendorong masyarakat untuk kembali membaca buku fisik dan memperluas wawasan mereka. Dengan menggabungkan simbol budaya Zhongshan dan estetika Timur dan Barat, toko buku ini menjadi titik temu antara tradisi dan modernitas.

Desain toko buku ini terinspirasi oleh konsep "Cross" atau "menyeberang" dalam konteks Tiongkok, yang berarti "ferry" dan "transisi". Dalam Buddhisme Mahayana, "menyeberang" berarti Dharma membawa semua makhluk hidup ke seberang sungai kebijaksanaan. Demikian pula dengan toko buku ini. "Transisi" diinterpretasikan melalui instalasi partisi ruang "Moon Gate and Arch" dengan gradien warna dan bentuk. Karena Gerbang Bulan klasik Tiongkok dan lengkungan dari Barat adalah simbol visual abstrak kota Zhongshan, tempat lahirnya para perantau Tiongkok di mana budaya Tiongkok dan Barat berpadu.

Uniknya, toko buku ini menyediakan tempat untuk membaca dan melakukan aktivitas salon yang nyaman di ruang publik. Didanai oleh pemerintah dan dengan anggaran konstruksi yang rendah, estetika toko buku ini adalah perpaduan antara Tiongkok dan Barat, modern dan klasik, serta sederhana dan berwarna-warni. Instalasi partisi ruang "Moon Gate and Arch" tidak hanya berarti tidak ada benteng budaya antara budaya manusia, tetapi juga mendorong pembaca untuk membuka pikiran mereka dan mendekati kebenaran tanpa batas. Toko buku ini terpilih sebagai juara di antara 13 "Toko Buku Favorit Saya 2022" oleh warga kota.

Dalam proses pembuatannya, 70% area toko buku ini dirancang dengan ruang bergaya gudang virtual untuk menghemat biaya. Sementara 30% lainnya menggunakan plugin parametrik Grasshopper untuk menghasilkan berbagai Gerbang Bulan Tiongkok dan lengkungan Barat. Mereka digabungkan menjadi instalasi partisi ruang besar untuk menciptakan logika spasial yang kuat dan dampak visual untuk aksesibilitas dan keteraturan ruang. Struktur panel aluminium berlubang diproduksi di pabrik untuk memperpendek waktu proyek dan menyederhanakan kerajinan konstruksi di lokasi.

Proyek ini berlokasi di pusat perbelanjaan di pusat kota Zhongshan, Provinsi Guangdong, Tiongkok. Kota ini adalah kampung halaman para perantau Tiongkok dan tempat lahir revolusi demokrasi modern Tiongkok. Proyek ini dimulai pada Maret 2021 dan selesai pada Juli 2021. Toko buku ini resmi dibuka pada Agustus 2021.

Desain ini berhasil memenangkan Silver A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa, serta memiliki karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Xixi Quan, Junming Chen and Kau Chan
Kredit Gambar: Xixi Quan, Junming Chen and Kau Chan
Anggota Tim Proyek: Xixi Quan Junming Chen KaU Chen
Nama Proyek: Parametric Cross
Klien Proyek: Xixi Quan, Junming Chen and Kau Chan


Parametric Cross IMG #2
Parametric Cross IMG #3
Parametric Cross IMG #4
Parametric Cross IMG #5
Parametric Cross IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang