FunAging: Membantu Lansia Mengakses Teknologi dengan Mudah

Menggunakan Desain Layanan yang Berpusat pada Lansia untuk Meningkatkan Pengalaman Pendaftaran Online

FunAging adalah sebuah merek pendidikan di Taiwan yang menawarkan berbagai kursus aplikasi smartphone untuk lansia. Dengan pendekatan desain layanan yang berpusat pada lansia, FunAging berhasil mengurangi persentase lansia yang meminta bantuan selama proses pendaftaran dari 20% menjadi 0 dalam waktu singkat.

FunAging adalah sebuah merek pendidikan di Taiwan yang menawarkan berbagai kursus aplikasi smartphone untuk lansia. Tujuannya adalah untuk memberdayakan lansia, memungkinkan mereka untuk menjaga kehidupan sosial dan menikmati belajar hal-hal baru. FunAging menyebarkan informasi kursus baru kepada lansia melalui LINE, sebuah aplikasi sosial yang banyak digunakan di Taiwan, termasuk oleh lansia. Namun, banyak pengguna baru yang mengalami kesulitan dalam menggunakannya, terutama dalam mendaftar kursus melalui LINE, karena aplikasi ini tidak mengoptimalkan desainnya untuk lansia.

Untuk mengatasi masalah ini, FunAging menggunakan pendekatan desain layanan yang berpusat pada lansia untuk mengkaji ulang proses pendaftaran kursus secara keseluruhan dan mengidentifikasi masalah UX utama. Dengan diagnosis desain yang sistematis, FunAging berhasil mengklarifikasi masalah desain dan menghasilkan solusi desain yang penuh wawasan, membuat layanan ini menjadi lebih lancar dan efektif.

Proses ini melibatkan pemetaan perjalanan pelanggan, penentuan sumbu utama perjalanan pelanggan, konsolidasi titik sentuh kunci pada sumbu utama, dan desain antarmuka (UI/UX) pada titik sentuh kunci. Melalui implementasi, FunAging mengevaluasi arah revisi melalui penggunaan nyata oleh pengguna lansia, dan iterasi pengalaman dilakukan berulang kali, mendekati hasil desain akhir yang sempurna.

Salah satu tantangan utama dalam proyek ini adalah keterbatasan teknis dari aplikasi LINE. Meskipun LINE telah digunakan oleh 95% populasi Taiwan dan sangat terkait dengan kehidupan sosial lansia, aplikasi ini tidak menyediakan kode sumber terbuka untuk kustomisasi yang fleksibel. Oleh karena itu, FunAging harus menciptakan teknik baru di bawah batasan teknis LINE untuk disesuaikan dengan kemampuan kognitif lansia.

Sebagai contoh, beberapa lansia tidak dapat mengingat kelas mana yang telah mereka daftarkan. Oleh karena itu, FunAging merancang kartu bergambar dengan informasi kelas yang dapat disimpan di ponsel pintar mereka sebagai pengingat. Atau, karena tidak mungkin untuk menyesuaikan jarak antar karakter dan baris, FunAging menggunakan penulisan ulang dan baris kosong untuk meningkatkan keterbacaan paragraf. Detail-detail ini mungkin tidak terlihat jelas, tetapi memiliki peran besar.

Hasil dari upaya ini sangat mengesankan. Persentase lansia yang meminta bantuan selama proses pendaftaran telah berkurang dari 20% menjadi 0 dalam waktu singkat. Ini menunjukkan betapa efektifnya pendekatan desain layanan yang berpusat pada lansia yang diadopsi oleh FunAging. Untuk prestasi ini, FunAging dianugerahi Iron dalam A' Meta, Strategic and Service Design Award pada tahun 2023.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Ting Han Chen
Kredit Gambar: Ting Han Chen
Anggota Tim Proyek: Ting Han Chen
Nama Proyek: Funaging
Klien Proyek: Ting Han Chen


Funaging IMG #2
Funaging IMG #3
Funaging IMG #4
Funaging IMG #5
Funaging IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang