Tarentum: Restoran Yunani dengan Gaya Karst Cave yang Inovatif

Bin Liu Menghadirkan Gaya Laut Mediterania ke Jantung Wuhan

Restoran berantai Tarentum dari Shenzhen baru-baru ini membuka toko pertamanya di Wuhan, menghadirkan gaya laut Mediterania ke jalan-jalan kota Wuhan dan menciptakan gaya hidup siang dan malam yang berbeda.

Bin Liu, desainer di balik proyek ini, terinspirasi oleh gua karst alami di Pulau Mykonos, Yunani. Gua tersebut menjadi elemen tema utama yang mempertegas budaya Yunani yang unik dan menonjolkan gen budaya merek. Liu berusaha menciptakan ruang pengalaman budaya yang mendalam, membantu pelanggan menikmati gaya eksotis dan merasakan gaya budaya Yunani yang halus dan elegan secara menyeluruh, mulai dari keseluruhan hingga detail dan dari struktur hingga perabotan.

Teknologi dan material yang digunakan dalam realisasi desain ini meliputi mikro semen, mattile, marmer, dan pencahayaan Xintong. Proses pembuatan gua melibatkan pembangunan fondasi baja, penempatan kain fleksibel, busa plastik dan piring pada kerangka baja, pengecoran beton di atas kerangka fondasi, dan pengecatan semen putih di permukaan gua karst buatan tersebut.

Area desain keseluruhan mencakup 386 meter persegi, termasuk ruang dalam ruangan dan luar ruangan. Ruang dalam ruangan terdiri dari area pelanggan seluas 276 meter persegi, bar seluas 20 meter persegi, dan dapur seluas 40 meter persegi. Meja makan memiliki berbagai bentuk dan ukuran untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Ada 36 meja makan di ruang dalam ruangan yang dapat menampung 104 pelanggan, dan 6 meja makan di area luar dengan 24 kursi.

Proyek ini dimulai pada Februari 2022 di Wuhan dan selesai pada Mei 2022. Melalui penelitian dan wawancara, Liu mengumpulkan informasi tentang karakteristik budaya regional Wuhan, kebiasaan konsumsi makanan, dan preferensi estetika. Dengan memahami karakteristik konsumsi orang-orang di wilayah tersebut, desain ruang inovatif ini mewujudkan fusi antara budaya merek dan konsumen, meningkatkan penerimaan merek, dan menyediakan ruang santai bagi masyarakat untuk memahami dan merasakan makanan eksotis.

Tantangan terbesar dalam proyek ini adalah mencari dan merumuskan material yang dibutuhkan untuk menciptakan suasana artistik dan melakukan interpretasi spasial. Selain itu, perbedaan budaya juga menjadi tantangan bagi desainer untuk menciptakan ruang makan bertema Yunani yang dapat diterima dan disukai oleh banyak orang.

Tarentum berhasil meraih Silver dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang menunjukkan keahlian dan inovasi luar biasa, memiliki karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan membangkitkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Bin Liu
Kredit Gambar: Photographer Ben FoTo, 2021
Anggota Tim Proyek: Bin Liu
Nama Proyek: Tarentum
Klien Proyek: Bin Liu


Tarentum IMG #2
Tarentum IMG #3
Tarentum IMG #4
Tarentum IMG #5
Tarentum IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang