Vello Sub: Sepeda Kargo Listrik yang Ringan dan Multifungsi

Valentin Vodev Menciptakan Solusi Mobilitas Urban yang Ramah Lingkungan

Sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan bentuk mobilitas yang inovatif, bergaya, dan berkelanjutan untuk kota, Valentin Vodev, desainer industri dan pendiri VELLO, mengembangkan VELLO SUB. Sepeda ini dirancang sebagai alternatif ramah lingkungan untuk kendaraan berbasis fosil.

VELLO SUB (Smart Utility Bike) adalah salah satu sepeda kargo listrik longtail teringan di pasaran. Dengan motor listrik yang kuat dan kapasitas baterai yang besar, SUB memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas sehari-hari dengan mudah. Sepeda ini ringan dan dapat diangkat tanpa usaha keras, dan peralatannya dapat disesuaikan tanpa alat, menjadikannya multifungsi untuk menyelesaikan tugas sehari-hari, seperti mengangkut anak-anak atau berbelanja.

Vodev dan timnya di VELLO menggunakan bahan yang dapat didaur ulang dan ramah lingkungan untuk produksi sepeda VELLO mereka. Mereka juga menekankan pada kemudahan perbaikan dan penggunaan kembali komponen mereka. Selain itu, banyak aksesori VELLO yang di daur ulang. Produksi lokal merevitalisasi ruang urban, mempersingkat jarak, menghemat sumber daya, dan menawarkan pengalaman berbelanja unik bagi pelanggan mereka.

SUB memiliki kekuatan yang sama dengan sepeda kargo yang lebih besar dan berat dan menawarkan ruang untuk hingga dua orang serta pembawa depan. Bahkan beban berat dapat diangkut dengan mudah dengan sepeda kargo ini. Berkat setang yang dapat diatur tingginya dan tiang kursi yang berbeda, sepeda ini cocok untuk semua orang antara 150 cm dan 200 cm. VELLO SUB juga dapat dengan mudah disesuaikan dengan posisi berkendara yang sempurna (lebih tegak atau lebih sporty).

Desain SUB didasarkan pada pendekatan IDE (Integrated Design Engineering) dan pengembangan prototipe dibagi menjadi beberapa fase (sketsa, visualisasi, simulasi, dan pembuatan prototipe). Analisis target pasar didasarkan pada Model Sinus Milieu dan berfokus pada perilaku hidup pengguna. Pendekatan ini menghasilkan VELLO SUB (Smart Utility Bike), alternatif untuk SUV.

Tantangan terbesar dalam pengembangan SUB adalah merancang rangka sedemikian rupa sehingga sebisa mungkin ringan dan kompak, tetapi pada saat yang sama cukup kuat sehingga SUB tidak kalah dengan sepeda kargo yang lebih besar dalam kapasitas angkut. Tujuan dalam mengembangkan SUB adalah membuat sepeda kargo dapat diakses oleh hampir semua orang dan juga dapat disesuaikan sehingga seluruh keluarga dapat menggunakannya.

Desain ini telah memenangkan Silver A' Design Award pada tahun 2023, sebuah penghargaan yang diberikan kepada desain yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Valentin Vodev
Kredit Gambar: Studio Photos: Stephan Doleschal Outdoor Photos: Leonardo Ramirez Video: Roland Schafek
Anggota Tim Proyek: Valentin Vodev, CEO and Industrial Designer VELLO Bike
Nama Proyek: Vello SUB
Klien Proyek: Valentin Vodev


Vello SUB IMG #2
Vello SUB IMG #3
Vello SUB IMG #4
Vello SUB IMG #5
Vello SUB IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang