Shazhou Youhuang: Menyajikan Warisan Budaya dalam Arsitektur Modern

Senem Cennetoglu Menciptakan Taman Budaya yang Menggabungkan Tradisi dan Inovasi

Shazhou Youhuang, sebuah taman budaya yang dirancang oleh Senem Cennetoglu, menggabungkan elemen arsitektur tradisional dan modern untuk merayakan dan melindungi warisan anggur beras kuning China.

Shazhou Youhuang adalah proyek yang mengambil inspirasi dari sejarah, budaya, dan teknik produksi tradisi Su. Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk menunjukkan dan melindungi warisan anggur beras kuning China. Dengan menggabungkan fitur arsitektur tradisional dan abstrak modern yang memiliki karakteristik khas anggur beras kuning, Shazhou Youhuang kini menjadi tempat wisata budaya yang menghubungkan generasi orang.

Proyek ini terletak 90 menit dari Shanghai, bersebelahan dengan kompleks pabrik yang ada di Zhangjiagang, di sepanjang Sungai Yangtze. Rencana baru mencakup fasilitas yang melayani produksi sekaligus menjadi landmark arsitektur. Shazhou Youhuang menjadi tujuan wisata industri, lingkungan yang santai, berdasarkan kombinasi elemen arsitektur Jiangnan dan abstraksi modern China. Dengan berbagai jalan komersial, fungsi budaya modern, fasilitas industri inovatif, proyek ini menjadi sorotan ekonomi, sosial, dan arsitektural kota.

Proyek ini mencakup berbagai fasilitas seperti museum, gudang penuaan anggur, bengkel, pameran desa anggur tradisional, restoran, ritel, pameran, fungsi pariwisata, dan perpustakaan. Dengan luas konstruksi baru sebesar 24.000M2, Shazhou Youhuang menawarkan pengalaman budaya yang kaya dan penuh nostalgia melalui transisi kontemporer dari pengalaman tradisional.

Salah satu tantangan terbesar dalam proyek ini adalah menciptakan monumen arsitektur yang dapat mewakili budaya anggur beras kuning Jiangnan dan menjadi merek kelas satu. Dengan abstraksi dari bahasa dan elemen arsitektur tradisional, proyek ini mencerminkan memori dari dinding ikonik yang terinspirasi oleh rumah gaya hui historis, fitur air dan elemen lanskap, dimensi jalur, warna fasad eksterior dan detail atap, bukaan, dan ritme, semuanya mengingatkan pada karakteristik kota tua Jiangnan.

Shazhou Youhuang telah mendapatkan penghargaan Golden A' Construction and Real Estate Projects Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang luar biasa, menonjol, dan menentukan tren yang mencerminkan kejeniusan dan kebijaksanaan desainer. Mereka adalah produk yang dihormati dan ide cerdas yang memajukan seni, sains, desain, dan teknologi, mencakup keunggulan luar biasa dan berdampak signifikan pada dunia dengan karakteristik yang diinginkan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Senem Cennetoglu
Kredit Gambar: All images: Curtesy of Shazhou Youhuang Cultural Industry Development Co., Ltd. and All images: Photographer Aaron&Rex
Anggota Tim Proyek: Senem Cennetoglu
Nama Proyek: Shazhou Youhuang
Klien Proyek: Senem Cennetoglu


Shazhou Youhuang  IMG #2
Shazhou Youhuang  IMG #3
Shazhou Youhuang  IMG #4
Shazhou Youhuang  IMG #5
Shazhou Youhuang  IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang