Pavilion 8: Toko Mobil Bekas dengan Desain Unik

Menggabungkan Keindahan Arsitektur dengan Ruang Terbuka

Pavilion 8 adalah sebuah proyek desain yang mengubah konsep tradisional toko mobil bekas menjadi sebuah karya seni yang unik. Didesain oleh Yao-Chi Shih, Pavilion 8 menggabungkan elemen-elemen arsitektur yang menarik dengan ruang terbuka yang memukau. Dengan menggunakan lembaran baja bergelombang, Pavilion 8 menciptakan suasana yang elegan dan modern, sambil tetap mempertahankan keindahan alam.

Pavilion 8 terinspirasi oleh keinginan untuk menciptakan toko mobil bekas yang memiliki citra yang sebanding dengan pabrik mobil merek terkenal. Dengan ruang yang dikelilingi oleh hijauan, Pavilion 8 memiliki keunikan yang membedakannya dari toko-toko sejenis lainnya. Desain ini menggunakan perubahan bentuk lembaran baja bergelombang untuk menyampaikan elemen-elemen desain yang mengalir dan menciptakan ketegangan ruang. Halaman dalam gaya tradisional diciptakan untuk menghubungkan area hijau luar dengan ruang dalam, meningkatkan transparansi dan pencahayaan, serta memperluas efek visual dari ruang tersebut.

Pavilion 8 menggunakan teknologi dan material yang inovatif dalam realisasinya. Dengan mempertimbangkan anggaran dan biaya konstruksi, Pavilion 8 menggunakan lembaran baja bergelombang berwarna dari pabrik lokal yang mudah didapatkan. Struktur baja yang dilipat digunakan untuk memudahkan konstruksi, sementara kolom baja silinder membuat bangunan menjadi ringan. Seluruh bangunan didominasi oleh warna putih, menciptakan kesan kesederhanaan yang elegan.

Interaksi antara desain dan pengunjung juga menjadi perhatian utama dalam Pavilion 8. Rencana tata letak menggunakan pengaturan melingkar dari halaman untuk meningkatkan luas permukaan, pencahayaan, ventilasi, dan visibilitas bangunan. Pohon utama ditempatkan di paviliun pusat bangunan, menciptakan titik fokus visual. Area tampilan mobil semi-terbuka disusun sepanjang jalan untuk meningkatkan eksposur mobil bekas. Sistem layanan di dalam toko terpusat untuk meningkatkan efisiensi kerja dan mengurangi konsumsi energi pendingin udara. Sistem layanan sedikit lebih tinggi dari area tampilan, sehingga staf di area sistem layanan dapat melihat seluruh ruang untuk pengelolaan. Pengunjung di area negosiasi dapat melihat produk secara langsung.

Pavilion 8 terletak di No. 69, Kaixuan 3rd Rd., Qianzhen Dist., Kota Kaohsiung, Taiwan. Proyek ini berlangsung dari April 2020 hingga Januari 2022. Selama proses desain, penelitian yang mendalam dilakukan untuk mencapai konsep yang diinginkan. Selain itu, tantangan kreatif, teknis, dan penelitian juga dihadapi dan berhasil diatasi. Dengan mempertahankan lingkungan hijau yang nyaman, Pavilion 8 berhasil menciptakan area pelayanan yang nyaman dan menarik bagi pengunjung.

Pavilion 8 telah meraih penghargaan Bronze dalam A' Design Award 2023 dalam kategori A' Architecture, Building and Structure Design. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang menunjukkan kecerdikan dan kreativitas yang luar biasa. Pavilion 8 berhasil menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: YAO CHI SHIH
Kredit Gambar: Rex chu, OS studio ,Shih,Yao Chi, Shi Ke Jin Ku Ma
Anggota Tim Proyek: YAO CHI SHIH
Nama Proyek: Pavilion 8
Klien Proyek: YAO CHI SHIH


Pavilion 8 IMG #2
Pavilion 8 IMG #3
Pavilion 8 IMG #4
Pavilion 8 IMG #5
Pavilion 8 IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang