Waaron Kuu's: Menciptakan Identitas Merek Melalui Desain Branding

Shawn Goh Chin Siang Menghadirkan Budaya Malaysia dalam Desain Restoran

Waaron Kuu's, sebuah restoran yang menggabungkan enam budaya etnik utama Malaysia dalam desainnya, menciptakan identitas merek yang unik dan menarik melalui desain brandingnya.

Restoran yang menyajikan makanan tradisional di Malaysia sangat banyak. Namun, restoran dengan tema desain yang merepresentasikan budaya secara simbolis masih jarang ditemui. Untuk mengatasi masalah ini, Shawn Goh Chin Siang menciptakan sebuah merek dengan nama unik, Waaron Kuu's, yang merujuk pada budaya makanan jalanan Malaysia.

Waaron Kuu's bukan hanya sekedar restoran, tetapi juga representasi dari enam budaya etnik utama di Malaysia. Setiap desain karakter yang mewakili budaya masing-masing menggunakan warna ungu tua untuk mengekspresikan keyakinan dan nilai-nilai budaya mereka. Selain itu, elemen-elemen budaya lokal seperti permainan tradisional dan alat musik digunakan sebagai dekorasi restoran. Berbagai lukisan juga ditempatkan di berbagai sudut restoran. Dari peralatan makan seperti mangkuk dan piring hingga kemasan takeaway, semuanya memiliki desain yang mewakili budaya etnik di Malaysia.

Untuk memberikan pengalaman makan yang berbeda, banyak waktu dihabiskan untuk kurasi seni di dalam restoran. Karya seni kustom yang menonjolkan kepentingan budaya dipajang di dinding, yang akan membangkitkan rasa kagum dari pelanggan. Selain itu, semua bahan yang digunakan dapat didaur ulang.

Proyek ini dimulai pada September 2022 di Kuala Lumpur, Malaysia, dan diluncurkan secara resmi pada 1 Januari 2023. Dalam proses pembuatannya, tim menghadapi tantangan dalam merepresentasikan budaya dari enam kelompok etnik utama. Setelah semua, beberapa budaya membutuhkan pemahaman yang mendalam, seperti gaya hidup kontemporer dan budaya agama dari kelompok etnik. Hanya dengan begitu, esensi dari setiap budaya dapat ditangkap dalam ilustrasi dan membawa rasa unik mereka.

Waaron Kuu's adalah restoran yang mewakili enam budaya etnik utama Malaysia. Untuk menonjolkan keindahan keseluruhan merek, tim menggunakan warna ungu tua untuk menekankan setiap karakter budaya dan menambahkan permainan tradisional dan alat musik. Mereka juga menggunakan berbagai elemen lokal untuk mendekorasi ilustrasi, yang ditempatkan di berbagai sudut restoran dan pada mangkuk dan kemasan. Desain ini tidak hanya mempresentasikan enam budaya etnik utama Malaysia tetapi juga menciptakan citra merek yang unik untuk restoran.

Desain ini telah memenangkan penghargaan Bronze dalam A' Graphics, Illustration and Visual Communication Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengesahkan pengalaman dan sumber daya. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Shawn Goh Chin Siang
Kredit Gambar: All imagery copyrights Shawn Goh Design Lab. Sdn Bhd.
Anggota Tim Proyek: Shawn Goh Chin Siang
Nama Proyek: Waaron Kuu's
Klien Proyek: Shawn Goh Chin Siang


Waaron Kuu's IMG #2
Waaron Kuu's IMG #3
Waaron Kuu's IMG #4
Waaron Kuu's IMG #5
Waaron Kuu's IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang