Alibaba Damo Nanhu Industry Park: Inovasi Arsitektur yang Menggabungkan Teknologi dan Alam

Aedas Menghadirkan Desain Unik dengan Inspirasi dari Daun Bodhi

Alibaba Damo Nanhu Industry Park, sebagai markas pertama dari Alibaba DAMO Academy, menampilkan desain yang menggabungkan teknologi canggih dengan keindahan alam Hangzhou. Desain ini berhasil meraih Platinum A' Construction and Real Estate Projects Design Award pada tahun 2023.

Desain masterplan kampus ini menyerupai daun Bodhi, dengan pembuatan halaman terbuka dan koridor pandangan yang menyerupai urat daun. Hasilnya, desain ini tampak seperti daun Bodhi yang mengapung di permukaan Danau Nanhu, mencerminkan keanggunan Hangzhou.

Proyek ini mengintegrasikan laboratorium penelitian yang paling canggih, pusat pengunjung dan pameran, serta fasilitas pendukung lainnya, untuk membangun sebuah institut penelitian ilmiah kelas dunia di tepi Danau Nanhu di Distrik Yuhang, Hangzhou.

Gedung R&D dirancang berdasarkan sistem kerja "Neighborhood" yang terbaru, yang menggabungkan ruang kerja, pertemuan, dan ruang pribadi untuk menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif. Untuk memaksimalkan fleksibilitas, blok kantor modular dapat digabungkan untuk menciptakan ruang kerja dengan luas lantai antara 2.000 hingga 4.000 meter persegi.

Di tengah kampus terdapat halaman yang mirip dengan "Zen", sebuah ruang untuk meditasi dan pemikiran yang sesuai dengan cerita DAMO tentang belajar dan inovasi. Bangunan kantor berbentuk jari diposisikan sejajar dengan koridor pandangan, sementara kantin dan fasilitas publik ditempatkan secara strategis di tengah kampus di sumbu utara-selatan untuk memudahkan akses.

Alibaba Damo Nanhu Industry Park adalah hasil kerja sama antara Ken Wai, Global Design Principal; Wei Li, Executive Director; dan Feili Shen, Executive Director. Proyek ini diselesaikan pada tahun 2023 di Hangzhou, China.

Desain ini berhasil meraih Platinum A' Design Award, sebuah penghargaan yang mengakui desain yang luar biasa, istimewa, dan sangat inovatif yang menunjukkan profesionalisme yang tak tertandingi, kejeniusan, dan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Penghargaan ini diberikan kepada estetika yang mendefinisikan era, mereka mendorong batas-batas seni, sains, desain, dan teknologi, menunjukkan keunggulan yang melampaui dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Aedas
Kredit Gambar: Image #1: MIR Image #2: MIR Image #3: MIR Image #4: MIR Image #5: MIR
Anggota Tim Proyek: Ken Wai, Global Design Principal Wei Li, Executive Director Feili Shen, Executive Director
Nama Proyek: Alibaba Damo Nanhu Industry Park
Klien Proyek: Aedas


Alibaba Damo Nanhu Industry Park IMG #2
Alibaba Damo Nanhu Industry Park IMG #3
Alibaba Damo Nanhu Industry Park IMG #4
Alibaba Damo Nanhu Industry Park IMG #5
Alibaba Damo Nanhu Industry Park IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang